Profil Motivasi Berprestasi Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI IPS4 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022)

SANGGU, Anselmus Atna (2022) Profil Motivasi Berprestasi Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI IPS4 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)

Abstract

Judul skripsi Profil Motivasi Berprestasi Siswa dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa kelas Xl IPS4 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2021/2022). Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Profil Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Xl IPS4 SMA Negeri 4 Kupang Tahun 2021/2022? 2) Apa implikasi Profil motivasi berprestasi siswa kelas XI IPS4SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2021/2022 bagi program bimbingan belajar?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Profil motivasi berprestasi siswa kelas XI IPS4 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2021/2022 dan, 2)Implikasi Profil motivasi berprestasi siswa kelas XI IPS4 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2021/2022 bagi program bimbingan belajar. Jenispenelitianadalahdeskriptif kuantitatif.Alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisisdatayangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisis kecenderunganpusat.Hasil analisis datapenelitian menunjukkan rata-rata populasi profil motivasi berprestasi siswasebesar 116,52berada diantara rentangan skor 100-129 dan tergolong kategori tinggi.Hasil analisis data penelitian setiap aspek motivasi berprestasi siswa kelas XI IPS4 sebagai berikut: aspek mengambil tanggung jawab atas perbuatannya rata- rata skor=29,26 termasuk kategori tinggi, aspek memperhatikan umpan balik tentang perbuatannya rata-rata=30,89 termasuk kategori tinggi, aspek mempertimbangkan resiko rata-rata=30,40 termasuk kategori tinggi, dan aspek kreatif dan inovatif rata-rata=26,38termasuk kategori tinggi. Bertolak dari hasil analisis data penelitian, maka peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab kegiatan pendidikan di SMA Negeri 4 Kupang diharapkan dapat mendukung segenap kegiatan bimbingan yang direncanakan di sekolah, sehingga penyelenggaraan program bimbingan belajar dapat terlaksana dan dapat membantu siswa dalammeningkatkan motivasi berprestasi. 2) Guru BK diharapkan untuk meningkatkan kerja sama yang baik dengan wali kelas dan guru mata pelajaran sehingga dapat membantu siswa untuk mempertahankanmotivasi berprestasi.3)Siswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan bimbingan yang direncanakan dan dilaksanakan di sekolah sehingga bisa membantu merekauntuk meningkatkan, dan mempertahankanmotivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Peserta Bidik, Bimbingan Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Pd Anselmus Atna Sanggu
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:43
Last Modified: 19 Jul 2022 01:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item View Item