Pengaruh Ongkos kirim dan Distribusi Terhadap Keputusan pembelian melalui Minat Beli Pada Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas katolik Widya Mandira Kupang)

HARBIN, Maria Monika (2022) Pengaruh Ongkos kirim dan Distribusi Terhadap Keputusan pembelian melalui Minat Beli Pada Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas katolik Widya Mandira Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)

Abstract

Shoppe adalah e-commerce (jual beli online) berbasis aplikasi mobile yang sedang berkembang di Indonesia. Sebagai marketpalce, shopee berhadapan dengan sejumlah kompetitor. Berdasarkan ulasan dari pengguna aplikasi mobile shopee baik sebagai penjual maupun sebagai pembeli, masih banyak komentar bahwa aplikasi ini kurang memuaskan terutama ongkos kirim dan distribusi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: 1). untuk mengetahui persepsi konsumen tentang ongkos kirim, distribusi, minat membeli dan gambaran keputusan pembelian di Shopee. 2). Untuk mengetahui signifikansi pengaruh ongkos kirim terhadap minat membeli di Shopee. 3). Untuk mengetahui signifikansi pengaruh distribusi terhadap minat membeli di Shopee. 4). Untuk mengetahui signifikansi pengaruh ongkos kirim terhadap keputusan pembelian di Shopee. 5). Untuk mengetahui signifikansi pengaruh distribusi terhadap keputusan pembelian di Shopee. 6). Untuk mengetahui signifikansi pengaruh minat membeli terhadap keputusan pembelian di shopee. 7). Untuk mengetahui minat membeli memediasi ongkos kririm dan distribusi terhadap keputusan pembelian di Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yang melakukan pembelian di Shopee. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan, yaitu sebanyak 17 indikator dan dikalikan 8, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 136 responden. Dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa ongkos kirim berada pada skor 76,08%, distribusi 80,18%, minat beli 79,23%, keputusan pembelian78,03% semua variabel termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa: 1). ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Shopee. 2). distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada shopee. 3). ongkos kirim berpengaruh tidak secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 4). distribusi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee. 5). minat beli berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee. 6). Minat beli memediasi pengaruh ongkos kirim dan distribusi terhadap keputusan pembelian pada Shopee. Koefisien determinasi variabel minat beli sebesar 0,695 sisanya 30,5% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel dalam penelitian ini, dan koefisien determinasi dari variabel keputusan pembelian sebesar 0,673 dan sisanya 32,7% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel dalam penelitian ini. Shopee disarankan agar lebih memaksimalkan program gratis ongkir, untuk menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian. dan lebih kreatif dalam menciptakan strategi-strategi promosi yang baru, sehingga mampu menumbuhkan minat beli dan membuat konsumen melakukan keputusan pembelian (misalnya memberikan diskon dan hadiah menarik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ongkos Kirim, Distribusi, Minat Beli, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.M Maria Monika Harbin
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:44
Last Modified: 23 Aug 2022 04:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7861

Actions (login required)

View Item View Item