Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2012/2013

JENEM, Yeltija Siska (2012) Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan model pengajaran langsung terhadap hasil belajar siswa SMP Kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Data ini dikumpulkan menggunakan observase dan pemberian tes. Observase bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dan aktivitas guru. Pemberian tes bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan tingkat bahwa rerata ketutasan hasil belajar siswa perindividu dengan rerata ketuntasan 83,69% (tuntas) dan secara klasikal 91,30% (tuntas). Reabilitas instrumen aktivitas siswa 86,54% (baik), skor rerata guru dalam pengolaan pembelajaran 3,72 (baik), reabilitas instrumennya 97,33% (baik), ketuntasan indikator 0,85 atau 85% (tuntas). Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model pengajaran langsung pada materi pokok sistem gerak pada manusia mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Adhyaksa 2 Kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction), Hasil belajar siswa, one group pretest, pada materi pokok sistem gerak pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:03
Last Modified: 30 Aug 2022 01:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8070

Actions (login required)

View Item View Item