Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022

HAU, Intan Ade Putri Ata (2022) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil dari penguasaan ilmu pengetahuan yang diungkapkan dalam bentuk perubahan tingkah laku yang menyangkut aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada salah satu pendidik di SMP N 4 Kupang, hasil belajar peserta didik rendah. Agar hasil belajar peserta didik meningkat, solusinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran, salah satunya model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di SMP Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP N 4 Kupang yang berjumlah 349 orang yang terbagi dalam 11 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VIII J sebagai kelas eksperimen (31 orang) dan kelas VIII K sebagai kelas kontrol (31 orang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analysis of covariance hasil belajar menghasilkan nilai signifikansi 0.000 dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen pretest 46,29 dan posttest 85,16 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol pretest 45,16 dan posttest 63,39. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di SMP Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning, Hasil belajar, Materi sistem ekskresi manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Intan Ade Putri Ata Hau
Date Deposited: 31 Aug 2022 00:55
Last Modified: 31 Aug 2022 00:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8151

Actions (login required)

View Item View Item