Analisis Kualitas Pelayanan Air Bersih Blud-Spam Kabupaten Manggrai Timur (Studi Di Kelurahan Mandosawu Kecamatan Lamba Leda Selatan)

EMIL, Oswaldus Gungkang (2022) Analisis Kualitas Pelayanan Air Bersih Blud-Spam Kabupaten Manggrai Timur (Studi Di Kelurahan Mandosawu Kecamatan Lamba Leda Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (130kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Analisis Kualitas Pelayanan Air Bersih BLUD-SPAM Kabupaten Manggarai Timur (Studi DiKelurahan Mandosawu, Kecamatan Lamba Leda Selatan) dengan tujuan menggambarkan kuliatas pelayan air bersih di wilayah kelurahan mandosawu. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui dan memberi gambaran mengenai kualitas pelayan air bersih. Permasalahan yang ditemukan pada penelitianiniadalah 1) Saluran Pipa Air yang bermasalah mengakibatkan minimnya debit air yang mengalir keluar dan kualitas air yang buruk karena berwarna coklat dan berpasir. 2) Kurang tanggapnya BLUD-SPAM dalam mengatasi keluhan pelanggan. 3) BLUD-SPAM kurang mensosialisasikan yang mengakibatkan kurangnya informasi yang didapat pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan public menurut Parasuraman, Valerie A. Zeithaml dan Berry, (dalam FandyTjiptono dan Gregorius Chandra, 2011:198) Indikator dalam pelayanan public adalah Tangible, Reliability, Responsiveness dan Emphaty. Hasil penelitian ini bahwa kualitas Pelayanan BLUD-SPAM masih perlu ditingkatkan dalam hal menanggapi dan menangani masalah pelayanan, sarana dan prasarana yang tersedia masih kurang memadai dan pelayanan yang dirasakan pelanggan masih kurang sepenuh hati dalam melayani. Kesimpulan penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan air bersih BLUD-SPAM Mandosawu masih kurang optimal dalam pelayanan. Saran yang ingin penulis sampaikan kepada BLUD-SPAM Mandosawu yaitu perlu diupayakan maksimal dalam hal melayani untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan atau menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan dan sarana prasarana perludi perhatikan lagi untuk kenyamanan para pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Air Bersih
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Oswaldus Gungkang Emil
Date Deposited: 05 Sep 2022 01:24
Last Modified: 05 Sep 2022 01:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8351

Actions (login required)

View Item View Item