Analisis Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Kupang Tahun Anggaran 2019

MANEK, Maria Virginia (2022) Analisis Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Kupang Tahun Anggaran 2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (202kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana Penerapan Sistem Anggaran Berbasis Kinerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Tahun Anggaran 2018-2019 sudah berjalan secara ekonomis,efisien dan efektif? (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Penerapan Sistem Anggaran Berbasis Kinerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Tahun Anggaran 2019? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan sistem anggaran berbasis kinerja secara ekonomis,efisien dan efektif pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang .(2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Penerapan Sistem Anggaran Berbasis Kinerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang Tahun Anggaran 2019. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi pada Bidang Program Data dan Evaluasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang dalam penyelenggaraan keuangannya telah menerapkan Anggaran Berbasis Kinerja. Dalam penerapan anggaran berbasis kinerja tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang telah menerapkan instrumen-instrumen Anggaran Berbasis Kinerja Seperti: Target Kinerja, Tolak Ukur Kinerja, Analisis Standar Belanja, Standar Satuan Harga, Standar Pelayanan Minimal, namun dalam pelaksanaannya masih mengalami kendala khusunya pada program dan kegiatan tahunan. Terkait dengan Faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang ialah; Faktor Sumber Daya Manusia, Koordinasi, dan Jarak. Adapun saran, (1) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang perlu mempertahankan penggunaan instrumen-instrumen Anggaran Berbasis Kinerja yang ada antara lain: Target Kinerja, Tolak Ukur Kinerja, Analisis Standar Belanja, Standar Satuan Harga, Standar Pelayanan Minimal, Sehingga pengelolaan keuangan dalam menjalankan program dan kegiatan daerah dapat berjalan dengan baik lagi. (2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang perlu terus memperbaiki kualitas sumber daya manusia, meningkatkan fungsi koordinasi, dan mencari solusi untuk mengatasi permasalahan terkait kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, menambah tenaga lapangan untuk membantu mempermudah arus informasi dari sekolah ke Dinas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anggaran Berbasis Kinerja, Target Kinerja, Indikator Kinerja, Capaian Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ak Maria Virginia Manek
Date Deposited: 06 Sep 2022 00:06
Last Modified: 06 Sep 2022 00:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8417

Actions (login required)

View Item View Item