Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di Smp Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

KASE, Mediam Y. (2017) Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia Di Smp Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
KOVER SKRIPSI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (93kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena, guru belum dapat menggunakan metode atau pendekatan yang cocok dengan materi yang diajarkan, sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah Model pembelajaran kooperatif melalui TIPE Student Teams Achievement Divisio. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama, di mana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Model pembelajaran kooperatif melalui tipe Student Teams Achievement Division. terhadap hasil belajar biologi siswa kelas III pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia Di SMP Surya Mandala Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Waktu penelitian bulan November 2016, di sekolah SMP Surya Mandala Kupang dengan jumlah siswa 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah One Group PretestPostest Design dan analisis statistik deskriptif. Hasil yang menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar hasil belajar siswa mencapai 87,75%, dan secara klasikal 95% semua siswa dikatakan tuntas. Rerata indikatornya mencapai 0,98%. Ketuntasan indikator hasil belajar berada pada kisaran0,87% dan sensitivitas butir soal ≥ 0,30 (sensitif), sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,76 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,70 (baik), dan reliabilitas instrumenya 98,32 (baik). kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif melalui tipe Student Teams Achievement Division efektif terhadap hasil belajari siswa kelas III pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Surya Mandala Kupang tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Model PembelajaranKooperatif tipe Student Teams Achievement Division, hasil belajar, sistem pernapasan pada manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Sep 2022 00:21
Last Modified: 16 Sep 2022 00:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8882

Actions (login required)

View Item View Item