Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Sint Carolus Penfui Tahun Pelajaran 2016/2017)

LEO, Kortina Nio (2017) Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Sint Carolus Penfui Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB I CHORYN KASET.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II CHORYN KASET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III CHORYN KASET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV CHORYN KASET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V CHORYN KASET.pdf

Download (100kB)

Abstract

Judul skripsi: Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa (studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XI IPS SMA Sint. Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Sint. Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Sint. Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswa dengan jumlah 29 orang kelas XI IPS SMA Sint. Carolus Penfui Kupang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS SMA Sint. Carolus Penfui Kupang yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kemandirian belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung = 0,641 lebih besar dari r tabel = 0,487 pada taraf signifikansi 1% artinya ada hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Sin. Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/ 2017. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Sint. Carolus Penfui Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada: 1) Hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi kepala sekolah untuk menyusun program peningkatan kemandirian belajar siswa agar prestasi belajar semakin baik, 2) Hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi guru BK untuk tetap memberikan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam memperoleh prestasi belajar yang baik, 3) Hasil penelitian ini guru mata pelajaran agar dapat memberi motivasi kepada siswa lebih mandiri dalam belajar sehingga mencapai prestasi belajar, 4) Hasil penelitian ini menjadi bahan masukan yang berarti bagi siswa lebih meningkatkan kemandirian belajar dalam mengerjakan tugas, ulangan yang diberikan guru untuk memperoleh prestasi belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:57
Last Modified: 16 Sep 2022 05:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8928

Actions (login required)

View Item View Item