Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Siswa Kelas Xi Mia Iv Sma Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

NOMENI, Dalmania (2017) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Siswa Kelas Xi Mia Iv Sma Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 4 Kupang. Pendekatan discovery learning proses pembelajaran yang menitikberatkan pada mental intelektual anak didik dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan suatu konsep atau generalisasi yang dapat diterapkan dilapangan.Tujuan dari penelitian ini adalah: 1.)Mengetahui efektivitas pembelajaran kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018 (mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018, mengetahui ketuntasan indikator dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018, mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018). 2). Mengetahui kemampuan kecerdasan spiritual peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018. 3) Mengetahui kemampuan penalaran peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018. 4) Hubungan: mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018, mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018, mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan kecerdasan spiritual dan penalaran tehadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018. 5). Pengaruh: mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018, mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan kecerdasan spiritual dan penalaran tehadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel adalah peserta didik kelas XI MIA IV SMAN 4 Kupang tahun pelajaran 2017/ 2018. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Pengamatan Kemampuan Guru Mengelolah Pembelajaran, Lembar Observasi dan Angket Penilaian Diri Sikap Spiritual (KI 1) dan Sikap Sosial (KI 2), Tes Hasil Belajar Berupa Kuis, Tugas dan Ulangan untuk Aspek Pengetahuan (KI 3), Lembar Observasi Psikomotor, Presentasi dan Lembar Penilaian Portofolio Untuk Aspek Ketrampilan (KI 4), Angket kecerdasan spiritual dan Soal Tes Kemampuan penalaran. dapat disimpulkan bahwa: 1). Pendekatan discovery learning efektif untuk diterapkan pada pembelajaran kimia, materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMAN 4 Kupang. 2). Hubungan: a) Ada hubungan antara kecerdasan spiritual dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0,340 dan nilai koefisien determinansi (D) = 11, 56%. b) Ada hubungan antara kemampuan penalaran dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/ 2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) =0,341 dan nilai koefisien determinansi (D) = 11.6 %. c) Ada hubungan antara kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran dengan hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery pada materi pokok laju reaki peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukan dengan korelasi (rx1x2y) = 0,437 dan nilai koefisien determinansi (D) = 19 %. 4) Pengaruh: a) Ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 70,724 + 0,200 (X1). b). Ada pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan penalaran terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 82,651 + 0,060 (X2). c)Ada pengaruh kecerdasan spiritual dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan discovery learningi pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2017/2018, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan numerik dan verbal terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 69,08+ 0,175 (X1) + 0,051 (X2).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Kemampuan penalaran, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 20 Sep 2022 23:44
Last Modified: 20 Sep 2022 23:44
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9052

Actions (login required)

View Item View Item