KEDANG, Gilberto Ignasius Wolo (2017) Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hidrokarbon Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Peserta Didik Kelas X Smas Terakreditasi Pgri Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
Abstrak.pdf Download (691kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (984kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (306kB) |
Abstract
Pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstuksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. Masaalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan keruangan peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/ 2017? (3) Bagaimana sikap ilmiah peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017? (4) Adakah hubungan kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017? (5) Adakah pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui kemampuan keruangan peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 (3) Untuk mengetahui sikap ilmiah peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapan pendekatan saintifik efektif pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang (2) Kemampuan keruangan peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang termasuk dalam kategori sangat unggul dengan nilai rata-rata TPA kemampuan keruangan sebesar 646 (3) Sikap ilmiah peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 87,44 (4) Adanya hubungan antara kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,7256 dan nilai koefisien determinansi (D) = 52,65%, serta nilai ≥ atau 20,019 ≥ 3,259 (5) Adanya pengaruh antara kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrokarbon peserta didik kelas X SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh kemampuan keruangan dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 36,2502 + 0,1163(X1) + 0,4461(X2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 20,015 ≥ 3,259.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Keruangan, Sikap Ilmiah, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 05:40 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 05:40 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9264 |
Actions (login required)
View Item |