Komunikasi Antarpribadi Antara Guru dan Murid Dalam Memotivasi Belajar Di Sekolah Dasar Inpres Oepura 1 Kupang

BU'U, Basilius (2022) Komunikasi Antarpribadi Antara Guru dan Murid Dalam Memotivasi Belajar Di Sekolah Dasar Inpres Oepura 1 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (101kB)

Abstract

“Komunikasi Antarpribadi Guru dan Murid dalam Memotivasi Belajar di Sekolah Dasar Inpres Oepura 1 Kupang” Komunikasi Antarpribadi Guru dalam Memotivasi Belajar murid di sekolah dasar inpres Oepura 1 Kupang. Skripsi Program Studi Ilmu Komuikasi dan Fakultas Sosial Dan Politik Pada skripsi ini persoalan yang akan dikaji mencakup satu rumusan masalah yaitu, bagaimana komunikasi antarpribadi Guru dan Murid Dalam Memotivasi Belajar siswa Di SDI Oepura. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Analisis data pada penelitian ini yakni dengan malakukan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk pesan Guru yang disampaikan untuk memotivasi belajar siswa yakni berupa komunikasi antarpribadi yang bersifat persuasif dimana guru mengarahkan siswa kepada minat belajar yang tinggi merupakan salah satu penerapan cara didik antara guru kepada siswa. Pesan yang disampaikan bersifat persuasif dalam komunikas antarpribadi akan memudahkan interaksi terhadap komunikan dalam proses pemahaman, baik komunikasi secara langsung (tatap muka) ataupun tidak langsung (melalui media), komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi yang dilakukan Guru bersifat ramah ketika guru melakukan komunikasi yang bersifat keras dan mengintrogasi guru cenderung tidak menemukan kesulitan yang dirasakan siswa sehingga menyebabkan penyampaian pesannya yang terkait dengan motivasi belajar siswa. guru merasa kesulitan berkomunikasi ketika tidak ada energi dalam pribadi siswa sehingga menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan efektif selain itu faktor noise ketika berkomunikasi dengan siswa dalam kelas dan suasana kelas gaduh menyebabkan guru harus mengulang kembali pesannya sehingga menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom Basilius buu
Date Deposited: 27 Sep 2022 00:37
Last Modified: 27 Sep 2022 00:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9449

Actions (login required)

View Item View Item