Pengaruh Gaya Hidup, Motif Pembelian, Dan Selera Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Kfc Frans Seda Kota Kupang

MEGOTH, Estha A. (2017) Pengaruh Gaya Hidup, Motif Pembelian, Dan Selera Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Kfc Frans Seda Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrc.pdf

Download (650kB)
[img] Text
1.pdf

Download (412kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
5.pdf

Download (202kB)

Abstract

Kemajuan ilmu dan teknologi serta keadaan ekonomi yang semakin membaik dapat menyebabkan perubahan pola konsumsi dan cara makan masyarakat yang pada akhirnya mempengaruhi gaya hidup, motif pembelian, dan selera konsumen terhadap keputusan pembelian. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui gambaran gaya hidup, motif pembelian, dan selera konsumen serta keputusan konsumen dalam pembelian produk pada restoran KFC Frans Seda Kota Kupang 2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh gaya hidup, motif pembelian, dan selera konsumen secara parsial terhadap keputusan pembelian pada restoran KFC Frans Seda Kota Kupang 3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh gaya hidup, motif pembelian, dan selera konsumen secara simultan terhadap keputusan pembelian pada restoran KFC Frans Seda Kota Kupang. Populasi tidak diketahui, sehinggajumlah sampel ditentukan berdasarkan jumlah indikator dikalikan 5–10 sebanyak 108 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan alat statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS statistic version 16. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel gaya hidup 76,93%, dalam kategori baik, variabel motif pembelian 76,95% dalam kategori baik, variabel selera konsumen 72,97% dan variabel keputusan pembelian 71,45% dalam kategori baik. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 0,255X1 + 0,148X2 + 0,462X3. Hasil uji t menunjukkan variabel gaya hidup dan selera konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel motif pembelian berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.Hasil uji F menunjukkan variabel gaya hidup, motif pembelian, dan selera konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Hasil koefisien determinasi adalah 0,289 atau 28,90%, artinya variabel keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel gaya hidup, motif pembelian, dan variabel selera konsumen, sedangkan sisanya 71,10% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, hendaknya perusahaan KFC Frans Seda Kota Kupang tetap mempertahankan kualitas produk dan fasilitas serta tetap memperhatikan dan menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat Kota Kupang yang dilihat dari segi penyajian menu dan harga. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat Kota Kupang masih berorientasi pada kesenangan, seperti mengkonsumsi makanan cepat saji mengikuti trend yang berkembang saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya hidup, motif pembelian, selera konsumen, keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 10 Oct 2022 00:50
Last Modified: 10 Oct 2022 00:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9528

Actions (login required)

View Item View Item