Aplikasi Pembelajaran Materi Atmosfer Dan Hidrosfer (Studi Kasus: SMPN 13 Kupang Kelas VII) Program Studi Teknik Informatika Universitas Berbasis Multimedia

PIADADE, Duarte (2017) Aplikasi Pembelajaran Materi Atmosfer Dan Hidrosfer (Studi Kasus: SMPN 13 Kupang Kelas VII) Program Studi Teknik Informatika Universitas Berbasis Multimedia. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
6.pdf

Download (138kB)

Abstract

Atmosfer dan Hidrosfer menjadi suatu pembelajaran yang umum diajarkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jumlah tenaga pengajar untuk materi pembelajaran atmosfer dan hidrosfer sebanyak dua (2) orang. Sedangkan jumlah seluruh siswa-siswi pada SMPN 13 Kupang saat ini sebanyak 209 orang yang dibagi dalam tujuh kelas pembelajaran. Jumlah perbandingan ini menjadi permasalahan bagi pengajar karena pengajar sulit mempertahankan konsentrasi pada siswa selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, materi atmosfer dan hidrosfer sulit dipahami siswa karena proses pembelajaran yang masih dijelaskan secara verbal dengan metode ceramah, yang menyebabkan kurangnya minat belajar, daya serap materi, serta pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh pada hasil penilaian siswa yang cenderung menurun. Sumber utama pembelajaran materi atmosfer dan hidrosfer hanya diperoleh dari buku yang digunakan untuk pembelajaran materi atmosfer dan hidrosfer, hal ini menyebabkan siswa kurang memahami materi tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dirancang sebuah media “Pembelajaran Atmosfer dan Hidrosfer Berbasis Multimedia” yang menarik yang dapat meningkatkan minat belajar dan daya serap serta membantu siswa-siswi dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Metode penelitian yang digunakan dalam merancang aplikasi ini adalah metode tahapan pengembangan multimedia yang meliputi tahap concept (Pengonsepan), design (Perancangan), Material collecting (Pengumpulan Bahan), assembly (pembuatan), testing (Pengujian), distribution (Distribusi). Tools yang digunakan adalah Macromedia Flash 8. Aplikasi Pembelajaran Materi Atmosfer dan Hidrosfer ini diharapkan dapat dijadikan media pembelajaran alternatif yang dapat membantu siswa-siswi dalam meningkatkan minat belajar, daya serap materi serta pemahaman terhadap materi pembelajaran atmosfer dan hidrosfer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, Atmosfer, Hidrosfer, Macromedia Flash8
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Ilmu Komputer
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 14 Oct 2022 05:33
Last Modified: 14 Oct 2022 05:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9569

Actions (login required)

View Item View Item