Uji Efektivitas Penerapan Mode Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Pokok Ekosistem di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

GANGGOR, Feofila Etiani (2014) Uji Efektivitas Penerapan Mode Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Pokok Ekosistem di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)

Abstract

Perkembangan ilmu dan penerapan teknologi di tanah air, menuntut kesiapan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari peranan guru sebagai pentransfer ilmu pengetahuan. Profesi guru memegang peranan yang sangat penting menuntut guru untuk lebi profesional. Salah satu indikator guru profesional adalah penguasaan model pembelajaran dan pengelolaan kelas yang lebih baik. Model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together merupakan salah satu model pembelajaran yang diyakini dapat membentuk karakter siswa dalam belajar. Karena dalam model pembelajaran kooperatif ini siswa bekerja dalam kelompok dan saling menghargai dalam berpendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Pokok Ekosistem Di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian Pra eksperimen, dengan menggunakan one grouppretest-posttest design. Lokasi penelitian ini di SMP Swasta Beringin Kupang dan subyek penelitian adalah kelas VII SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 orang. Data dikumpulkan dengan cara test dan nontest dan dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) Rerata hasil kektuntasan belajar siswa perindividu dari pemberian tes hasil belajar mencapai 47,90%. (2) Ketuntasan klasikal 100% (3) Rerata Provisi indikator 0,85 (tuntas). Sensitas butir soal 0,08, reabilitas aktifitas siswa 97,67 dan kemampuan guru 3,92, reabilitas aktifitas guru 98,17. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together efektif dalam pembelajaran biologi materi pokok ekosistem di SMP Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil belajar, Materi Pokok Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:40
Last Modified: 19 Oct 2022 05:40
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9585

Actions (login required)

View Item View Item