PANDIE, Meinar Esterlita A. (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (19kB) |
Abstract
Penyelenggaraan dan pengelolaan proses pembelajaran yang monoton, konvensional, dan kurang menyenangkan siswa dapat membuat siswa menjadi malas, kurang bersemangat dan tidak mengikuti pelajaran dengan baik. Akibatnya, hasil belajar siswa menjadi rendah dan dapat menyebabkan rendahnya kualitas dan kuantitas lulusan. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif yang dapat memotifasi siswa agar siswa antusias dan proaktif dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat menstimuli siswa agar seluruh siswa mengikuti pembelajaran dan aktif berpikir adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Games Tournament. Pendekatan ini mudah diterapkan, melibatkan seluruh aktivitas siswa tanpa harus ada perbedaan status, dan mengandung unsur permainan. Unsur permainan ini menawarkan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga dapat mengajak siswa untuk berpikir dan meningkatkan kreativitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan analisis hasil belajar, dapat diketahui bahwa (1) Rata-rata hasil belajar siwa pada pretest 36,4% dan posttest 81,4%. Dari hasil ini diketahui peningkatan sebesar 45% (2) ketuntasan hasil belajar berdasarkan acuan DEPDIKNAS 2006 dan sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah menunjukkan bahwa dari 25 orang peserta yang menjadi subyek penelitian, tiga siswa dinyatakan tidak tuntas berdasarkan acuan Depdiknas 2006 dan KKM SMA Negeri 2 Kupang. Ini menunjukkan ketuntasan klasikal 88,00%(3) Rata-rata ketuntasan indikator 0,81 (4) Sensitivitas butir soal 0,45 (5) Kemampuan guru termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,87 (6) Aktivitas siswa paling menonjol adalah memperhatikan penjelasan guru serta berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dalam LKS dengan rata-rata persentase dalam dua kali pertemuan yaitu 24,76% dan 23,92%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pedekatan Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil Belajar siswa kelas XI IPA pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan TGT; Hasil Belajar Siswa; Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 05:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 05:35 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9610 |
Actions (login required)
View Item |