MUDA, Tertulius (2018) Model Pemilihan Rute Terbaik Studi Kasus : (Kampus II Unwira Menuju Kampus I Unwira). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
FILE ABSTRAK.pdf Download (163kB) |
|
Text
FILE BAB I.pdf Download (23kB) |
|
Text
FILE BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
FILE BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text
FILE BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
|
Text
FILE BAB V.pdf Download (17kB) |
Abstract
Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat penting karena menghubungkan suatu tempat ke tempat lain. Perjalanan menuntut adanya pemilihan akan rute terbaik dari suatu daerah ke daerah lain sehingga dapat mengefisiensikan jarak, waktu, dan biaya yang dibutuhkan untuk mencapai daerah tujuan tersebut. Proses pengalokasian pergerakan akan menghasilkan suatu pola rute yang arus pergerakannya dapat dikatakan berada dalam keadaan seimbang jika setiap pelaku perjalanan tidak dapat lagi mencari rute yang lebih baik untuk mencapai zona tujuannya karena mereka telah bergerak pada rute terbaik yang telah tersedia. Penelitian ini mengkaji tiga rute perjalanan dari Kampus UNWIRA II menuju Kampus UNWIRA I. Tujuan penelitian untuk mengetahaui volume pergerakan lalulintas, kinerja ruas jalan dan model pemilihan rute terbaik dari Kampus UNWIRA II menuju Kampus UNWIRA I. Penelitian ini melalui beberapa tahap yakni (i) pengumpulan data survei meliputi survei geometrik jalan, survei kondisi lalulintas, survei kondisi lingkungan dan survei waktu tempuh, (ii) analisis data meliputi menghitung volume lalulintas, kapasitas jalan, derajad kejenuhan jalan dan tingkat pelayanan jalan, (iii) memodelkan pergerakan arus lalulintas dengan metode keseimbangan (equilibrium). Hasil penelitian menunjukan Pergerakan arus lalu lintas yang menghubungkan kampus UNWIRA II dan kampus UNWIRA I Kupang dengan volume lalulintas puncak setiap rute adalah sebagai berikut : Rute 1 = 1473.33 smp/jam, Rute 2 = 1070.17 smp/jam, dan Rute 3 = 1371.54 smp/jam. Kinerja ruas jalan dengan drajad kejenuhan masing – masing rute adalah sebagai berikut : Rute 1 = 0.6, dengan tingkat pelayanan jalana C, (Arus stabil, tapi kecepatan kendaraan dikendalikan) Rute 2 = 0.4, dengan tingkat pelayanan B (Arus stabil kecepatan kendaraan terbatas), Rute 3 = 0.6 dengan tingkat pelayanan jalan C, (Arus stabil, tapi kecepatan kendaraan dikendalikan). Nilai aksesibilitas dari ketiga rute apabila beroperasi secara sendiri-sendiri maka Rute 2 merupakan rute yang terbaik dengan memiliki nilai aksesibilitas lebih besar sebesar 105.66 aksesibilitas/menit dengan waktu tempu 127.32 menit. Nilai aksesibilitas apabila setiap rute beroperasi secara berpasangan, maka Rute 1 dan Rute 2 merupakan rute terbaik dengan nilai aksesibiltas terbesar yakni 180.58 aksesibilitas/menit dengan waktu tempu 74.50 menit. Nilai aksesibilitas apabila ketiga rute beroperasi secara bersamaan, maka Rute 2 merupakan rute yang terbaik karena rute 2 menyumbangkan pergerakan arus lalulintas yang paling besar yakni 2025 smp/jam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Volume Pergerakan Arus Lalulintas, Kinerja Ruas Jalan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 03:27 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 03:27 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9865 |
Actions (login required)
View Item |