Analisa Pengaruh Parkir Kendaraan Barang Terhadap Volume Dan Kapasitas Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Jenderal Soedirman Kuanino Kota Kupang)

MANAFE, Govinda Eduardo Laxmana (2023) Analisa Pengaruh Parkir Kendaraan Barang Terhadap Volume Dan Kapasitas Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Jenderal Soedirman Kuanino Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)

Abstract

Pengendalian parkir di badan jalan merupakan hal penting dalam mengendalikan lalu lintas dan kinerja di ruas Jalan. Salah satu lokasi yang memiliki lalu lintas kendaraan berat cukup padat terletak di Jalan Jenderal Soedirman tepatnya di area Toko Sinar Bangunan, Toko Wijaya Bangunan dan Toko Sumber Logam. Salah satu kasus yang menghambat arus lalu lintas dan menurunkan tingkat pelayanan jalan di jalan Jendral Soedirman adalah Pengaruh kendaraan berat yang sangat jelas terlihat adalah berkurangnya volume dan kapasitas lalu lintas, sehingga secara tidak langsung parkir kendaraan barang akan berpangaruh terhadap kecepatan kendaraan yang melalui jalan tersebut. Sehingga pada jam-jam tertentu sering terjadi kemacetan, hal ini sangat berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas dan kinerja di ruas Jalan Jenderal Soedirman Kuanino. Penelitian ini bertujuan mengkaji kinerja jalan pada ruas jalan Jenderal Soedirman. Analisis menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan tersebut termasuk buruk, dengan hasil tingkat pelayanan jalan untuk di area Toko Sinar Bangunan, Toko Wijaya Bangunan dan Toko Sumber Logam dengan kondisi eksisting akibat pengaruh parkir kendaraan barang, hasil tingkat pelayanan pada Sinar Bangunan masuk dalam level F (>1,00) yang menunjukan arus sudah mulai terhambat, kecepatan rendah dan bahkan sering berhenti sama sekali; pada Toko Wijaya Bangunan masuk dalam level F (>1,00) yang menunjukan arus sudah mulai terhambat, kecepatan rendah dan bahkan sering berehenti sama sekali dan Toko Sumber Logam masuk dalam level D (0,75-0,84) yang menunjukan arus mulai terganggu, kecepatan rendah, volume pelayanan berkaitan dengan kapasitas maksimal. Kasus-kasus dominan yang berkontribusi pada kemacetan lalu lintas dan menurunkan tingkat pelayanan jalan ini adalah kegiatan parkir pada badan jalan. Dalam rangka memperbaiki kinerja ruas jalan, salah satu aspek perbaikan adalah pengelolaan kegiatan parkir pada badan jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Parkir, Lalu lintas, Volume
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: S.T GOVINDA EDUARDO LAXMANA MANAFE
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:27
Last Modified: 13 Feb 2023 02:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11295

Actions (login required)

View Item View Item