ELU, Ursula (2016) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Terhadap Siswa Kelas VIII i SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (98kB) |
Abstract
Judul Skripsi : Hubungan Antara Konsep Diri dengan Motivasi Berprestasi Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif terhadap Siswa kelas VIII i SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah penelitian : 1) Apakah ada hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas VIII i SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana kecenderungan konsep diri siswa kelas VIIIi SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana kecenderungan motivasi berprestasi siswa kelas VIII i SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi, Siswa Kelas VIII i SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016; 2) untuk mengetahui kecenderungan konsep diri, Siswa kelas VIIIi SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016; 3) untuk mengetahui kecenderungan motivasi berprestasi, Siswa kelas VIII i SMP Negeri 2 Kupang Tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah : deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpul data adalah wawancara tertulis. Adapun teknik analisis data adalah Korelasi Product Moment Angka Kasar pada taraf signifikansi 5% dengan db= N-2, dan analisis kecenderungan pusat. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa, ada hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIIIi SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, yang dibuktikan dengan nilai = 0,724 sedangkan nilai = 0,329 ( r hitung > r tabel ), pada taraf signifikansi 5 % dengan db= N-2=36, hasil tersebut dipertegas melalui tingkat korelasi dan kekuatan hubungan, yaitu nilai korelasi (r) dari perhitungan product Moment 0,724, selanjutnya, dibandingkan dengan angka koefisien korelasi dan kekuatan hubungan 0,60- 0,80 artinya kuat. Maka Hipotesis Nol (Ho) dalam penelitian ini adalah “ tidak ada hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII i SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016” ditolak. Hipotesis Alternatif (Ha) alternatif dalam penelitian ini adalah “ ada hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII i SMP Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016, diterima. Adapun kecenderungan variabel konsep diri siswa kelas VIIIi SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, dikategorikan tinggi dengan nilai minimal = 105 dan nilai maksimal = 113 berada pada skor 105 - 113. Kecenderungan variabel motivasi berprestasi siswa kelas VIIIi SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, dikategorikan sedang dengan nilai minimal = 64 dan nilai maksimal = 72 berada pada skor 64 - 72. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, konsep diri kelas VIIIi SMP Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 menentukan motivasi berprestasi siswa. Siswa juga memiliki konsep diri tinggi dan motivasi berprestasi sedang, maka perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, peneliti memberikan saran kepada : 1) Kepala Sekolah, agar tetap mendukung pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah, yaitu bekerja sama dengan konselor sekolah, guru- guru mata pelajaran, sehingga konsep diri positif dan motivasi berprestasi pada siswa perlu ditingkatkan. 2) Wali kelas ,agar lebih meperhatikan para siswa, yaitu memantau perkembangan siswa setiap hari di sekolah, dan bekerja sama dengan konselor sekolah, sehingga konsep diri positif dan motivasi berprestasi yang dimiliki siswa perlu ditingkatkan. 3) Konselor Sekolah, agar tetap membimbing siswa supaya konsep diri positif dan motivasi berprestasi yang dimiliki siswa perlu ditingkatkan. 4) Siswa- siswa, hendaknya tetap memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, terutama layanan yang berkaitan dengan konsep diri dan motivasi berprestasi, sehingga konsep diri positif dan motivasi berprestasi yang dimiliki siswa perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 01:21 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 01:21 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11298 |
Actions (login required)
View Item |