LEWOGETE, Helga Barek Ndee Hala (2017) Profil Prokrastinasi Akademik dan Implikasinya Bagi Layanan Bimbingan Akademik (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Unwira Kupang Semester VII Tahun Akademik 2017/2018 ). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (370kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (374kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
Abstract
Judul skripsi: Profil Prokrastinasi Akademik Mahasiswa semester VII Program Studi Bimbingan dan Konseling Unwira Kupang Tahun Akademik 2017/2018 dan Implikasinya bagi Layanan Bimbingan Akademik. Masalah penelitian: a) Bagaimana profil prokrastinasi akademik mahasiswa semester VII Program Studi Bimbingan dan Koneling Unwira Kupang tahun akademik 2017/2018 ? b) Apa implikasiProfil prokrastinasi akademik mahasiswa semester VII program Studi Bimbingan dan Konseling Unwira Kupang tahun akademik 2017/2018 bagi layanan Bimbingan akademik? Tujuan penelitian untuk mengetahui: a). Profil prokrastinasi akademik mahasiswa semester VII Program Studi Bimbingan dan Konseling Unwira Kupang tahun akademik 2017/2018. b). Implikasi profil prokrastinasi akademik mahasiswa semester VII Program Studi Bimbingan dan Konseling Unwira Kupang tahun akademik 2017/2018 bagi layanan bimbingan akademik. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis dan alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus kecenderungan pusat. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus kecenderungan maka dapat disimpulkan bahwa, mahasiswa semester VII program studi Bimbingan dan Konseling Unwira Kupang tahun akademik 2017/2018, memiliki sikap percaya diri, menyelesaikan tugas tepat pada waktunya, dan tidak bersikap menghindari tantangan. Oleh karena itu peneliti beranggapan bahwa penyebab mahasiswa tidak tuntas beberapa mata kuliah diduga karena adanya faktor lain, misalnya: kurangnya motivasi belajar, cara belajar yang salah dan kurangnya kesadaran untuk belajar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian sebagaimana yang telah diuraikan maka peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak yang terkait :1) Ketua Program Studi : diharapkan dapat merencanakan layanan dan program – program yang berhubungan dengan bimbingan bahwa akademik bagi para mahasiswa agar dapat meningkatkan kepercayaan diri, motivasi dalam berpretasi dikalangan mahasiswa. 2) Dosen Penasihat Akademik: Dosen penasihat, hendaknya memahami bahwa tiap mahasiswa memiliki karakter yang berbeda dan dapat bersikap terbuka agar ketika ada kesulitan yang dialami mahasiswa baik yang bersifat internal atau eksternal tidak sungkan untuk berkonsultasi dan bertukar pikiran untuk memperoleh jalan keluar terbaik. 3) Mahasiswa: hendaknya menyadari dan mengutamakan hal-hal yang bersifat akademik, dan meningkatkan motivasi dalam belajar agar tidak membuang-buang waktu untuk melakukan program ulang terhadap mata kuliah yang belum tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 08:04 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 08:04 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11968 |
Actions (login required)
View Item |