Hubungan Motif Menonton Televisi Ibu Rumah Tangga Dengan Preferensi Mononton Televisi Ibu Rumah Tangga Di Desa Tanah Putih Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang

GUAL, Andreas Yoseph and BOUK, Saku Hendrikus (2016) Hubungan Motif Menonton Televisi Ibu Rumah Tangga Dengan Preferensi Mononton Televisi Ibu Rumah Tangga Di Desa Tanah Putih Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Project Report. Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Kupang. (Unpublished)

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB VIII.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh fakta bahwa banyak stasiun televisi nasional dengan variasi program acara dengan mudah ditangkap menggunakan antena biasa di rumah-rumah warga Desa Tanah Putih. Selain itu, ibu-ibu rumah tangga dengan pekerjaan utama di rumah tentu saja memiliki waktu lebih banyak untuk televisi. Ibu-ibu rumah tangga juga tentu memiliki kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi, salah satunya melalui televisi. Sedangkan secara teoritis dalam bidang komunikasi massa terdapat sebuah teori yang mengatakan bahwa secara psikologis maupun sosial manusia memiliki kebutuhan dan kebutuhan itu akan diupayakan dipuaskan. Atas dasar ini maka masalah yang ingin dikaji adalah hubungan antara motivasi menonton televisi ibu rumah tangga di Desa Tanah Putih dengan preferensi ibu rumah tangga Desa Tanah Putih memilih stasiun stelevisi. Teori yang akan diuji dalam penelitian ini adalah uses and gratification. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah ibu-ibu rumah tangga Desa Tanah Putih Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang sebanyak 209 orang. Berdasarkan teknik simple random sampling didapatkan 105 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motif meliputi indikator hiburan, informasi, melewatkan waktu dan kebiasaan. Sedangkan variabel terikatnya adalah stasiun TVRI, RCTI, METRO,TRANS7, INDOSIAR, dan GLOBAL. Untuk menganalisis hubungan digunakan rumus x². Penelitian ini berhasil menemukan motif utama responden memilih stasiun televisi adalah hiburan (53,3 %), diikuti oleh motif informasi (38,1 %), lalu motif melewatkan waktu/ waktu senggang (4,8 %), dan terakhir dimotivisir oleh motif kebiasaan (3,8 %).Stasiun yang paling sering dipilih untuk ditonton berturut-turut adalah RCTI (64,8 %), METRO (11,4 %), TRANS7 dan INDOSIAR (9,5 %), TVRI (3,8 %), dan GLOBAL (0,9 %). Untuk memenuhi semua motif kebutuhan, respon lebih memilih RCTI ketimbang stasiun televisi lainnya. Berdasarkan analisis hubungan ditemukan terdapat hubungan antara motif menonton dengan preferensi menonton ibu rumah tangga di Desa Tanah Putih sebesar 14,2 persen. Hubungan ini terkesan kecil namun membuktikan hipotesis HI yang mengatakan bahwa ada hubungan antara motif menonton dan preferensi memilih stasiun televisi. Hasil ini juga membuktikan teori uses and gratification benar bahwa kebutuhan seseorang mendorongnya mengupayakan terpenuhinya kebutuhan tersebut salah satunya melalui media massa. Penelitian ini merekomendasikan penelitian lanjutan terutama untuk mengetahui alasan responden lebih menyukai program acara hiburan dan alasan terpenuhinya motif informasi bukan pada stasiun berita melainkan stasiun yang mayoritas menyiarkan program acara hiburan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username komunikasi1
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:11
Last Modified: 28 Mar 2023 08:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12407

Actions (login required)

View Item View Item