Penerapan Keterampilan Bermain Musik Ansambel Gitar Dengan Model Lagu Cai Bombang Pada Siswa/Siswi Minat Gitar SMA Negeri 2 Kupang

YEHUGEN, Margaretha Yohana (2023) Penerapan Keterampilan Bermain Musik Ansambel Gitar Dengan Model Lagu Cai Bombang Pada Siswa/Siswi Minat Gitar SMA Negeri 2 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)

Abstract

Ansambel sejenis yaitu permainan musik dengan menggunakan satu jenis alat musik. Dalam permainan ansambel perlu diperhatikan prinsip dasar bermain ansambel dengan tujuan agar ansambel tersebut dapat dikatakan berhasil. Dalam kenyataanya banyak siswa/siswi yang belum memahami prinsip dasar bermain ansambel dengan baik dan benar seperti pada siswa/siswi SMA Negeri 2 Kupang yang memiliki ekstrakurikuler musik ansambel. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan keterampilan bermain musik ansambel gitar dengan model lagu Cai Bombang pada siswa/siswi minat gitar SMA Negeri 2 Kupang, bagaimana hasil penerapan keterampilan bermain musik ansambel gitar dengan model lagu Cai Bombang pada siswa/siswi minat gitar SMA Negeri 2 Kupang, dan apakah metode imitasi dan drill efektif dalam penerapan keterampilan bermain musik ansambel gitar dengan model lagu Cai Bombang pada siswa/siswi minat gitar SMA Negeri 2 Kupang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat terampil dalam bermain musik ansambel gitar dengan model lagu Cai Bombang pada siswa/siswi minat gitar SMA Negeri 2 Kupang, untuk mengetahui hasil penerapan keterampilan bermain musik ansambel gitar dengan model lagu Cai Bombang pada siswa/siswi minat gitar SMA Negeri 2 Kupang, dan untuk mengetahui hasil pembelajaran penerapan keterampilan bermain musik ansambel gitar pada siswa/siswi minat gitar SMA Negeri 2 Kupang. Penelitian ini bersifat kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode tindakan lapangan dan data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang digunakan peneliti adalah metode imitasi & drill. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa dengan menerapkan keterampilan bermain musik ansambel gitar dengan lagu Cai Bombang, membawa perubahan dan perkembangan yang baik bagi siswa/siswi minat gitar SMA Negeri 2 Kupang dalam mempelajari permainan ansambel. Hal ini dibuktikan dengan siswa/siswi dapat mengerti dan memahami tentang permainan musik secara berkelompok, sehingga secara perlahan meningkatkan kekompakan siswa dalam bermain dengan memberikan interaksi sosial musik. Meski dalam proses pembelajaran terdapat masalah yang mempersulit siswa/siswi, tetapi melalui pengajaran secara terus-menerus dan berulang-ulang membuat siswa/siswi mampu menyesuaikan dengan baik. dan mampu memberikan hasil dalam bentuk penyajian ansambel gitar menggunakan lagu Cai Bombang dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ansambel Sejenis, lagu cai bombang , siswa/siswi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Yohana Margaretha Yehugen
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:32
Last Modified: 30 Aug 2023 06:32
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13420

Actions (login required)

View Item View Item