Penerapan Teknik Akor Pembalikan Pada Permainan Alat Musik Keyboard Sebagai Iringan Lagu Marilah Ya Yesus Melalui Metode Imitasi Dan Drill Bagi Siswa Kelas XI Minat Musik SMA Seminari St. Yohanes Berkhmans Todabelu-Mataloko

LODO, Dionisius Liberatus (2023) Penerapan Teknik Akor Pembalikan Pada Permainan Alat Musik Keyboard Sebagai Iringan Lagu Marilah Ya Yesus Melalui Metode Imitasi Dan Drill Bagi Siswa Kelas XI Minat Musik SMA Seminari St. Yohanes Berkhmans Todabelu-Mataloko. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)

Abstract

Siswa minat musik SMA Seminari St. Yohanes Berkhmans Todabelu-Mataloko pada umumnya mengiringi lagu menggunakan dasar akor saja tanpa menggunakan teknik akor pembalikan. Berdasarkan keterangan awal yang diperoleh dari Kepala Sekolah SMA Seminari St. Yohanes Berkhmans Todabelu-Mataloko, SMA ini telah membentuk kegiatan ekstrakurikuler minat bakat sejak enam bulan yang lalu dalam bermain musik, khususnya bermain keyboard. Akan tetapi, sistem pengajarannya lebih terfo¬kuskan pada teknik penjarian dan dasar akor atau akor pokok pada permainan piano. Pada pengajaran ini peneliti melihat bahwa perlu adanya penerapan teknik permainan agar bisa dimiliki oleh siswa, yang mana bisa membuat siswa lebih mengasah kemampuan dalam bermain alat musik keyboard. Oleh karena itu, peneliti me¬ngam¬¬bil satu obyek penelitian yang berkaitan dengan alat musik keyboard, khususnya pada teknik akor pembalikan pada iringan musik gereja. Alasan peneliti mengambil topik penelitian ini antara lain, pertama pengajaran musik masuk dalam kurikulum sekolah. Kedua, tersedianya sarana di sekolah yang akan diteliti. Ketiga, lebih mengasah kemampuan bermain siswa. Keempat, alat musik keyboard khususnya iringan gereja sangat relevan dalam rangka mendukung suasana beribadah. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan teknik akor pembalikan pada permainan alat musik keyboard sebagai iringan lagu Marilah Ya Yesus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses penerapan teknik akor pembalikan pada permainan alat musik keyboard sebagai iringan lagu Marilah Ya Yesus. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tindakan lapangan. Subyek penelitian terdiri dari kelima siswa minat musik SMA Seminari St. Yohanes Berkhmans Todabelu-Mataloko kelas XI. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan tindakan lapangan. Proses penelitian ini memiliki tiga tahap, yakni tahap pertama dimulai dengan perekrutan siswa dan jadwal pertemuan, tahap kedua penerapan teknik akor pembalikan dalam latihan broken chord dan gabungan akor, dan tahap ketiga video pementasan. Hasil pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa kelima siswa minat musik dapat menerapkan teknik akor pembalikan pada alat musik keyboard, yang dituangkan dalam lagu Marilah Ya Yesus sebagai bentuk iringan individu yang dimainkan dalam nada dasar G Mayor dan A Mayor. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses penerapan alat musik keyboard dengan menggunakan teknik akor pembalikan mampu ditingkatkan oleh kelima siswa dengan tepat dan benar. Jika menghadapi kesulitan, dapat diatasi dengan menggunakan metode imitasi dan drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Akor Pembalikan, Alat Musik Keyboard, Broken Chord.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Dionisius Liberatus Lodo
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:45
Last Modified: 30 Aug 2023 06:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13457

Actions (login required)

View Item View Item