Upaya Menerapkan Teknik Dinamika Dalam Lagu Ohin Loron Gubahan Abraham Taek Pada Group Paduan Suara Siswa-Siswi Kelas XI SMA Negeri Sasitamean Kabupaten Malaka

BANO, Mariana (2023) Upaya Menerapkan Teknik Dinamika Dalam Lagu Ohin Loron Gubahan Abraham Taek Pada Group Paduan Suara Siswa-Siswi Kelas XI SMA Negeri Sasitamean Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)

Abstract

Upaya menerapkan permainan dinamika di dalam bernyanyi paduan suara merupakan musik yang digunakan untuk menandakan volume suara pada saat bernyanyi, baik bernyanyi nyaring, atau bernyanyi dengan kuat atau melemah. Dinamika juga dapat mengalami perubahan- perubahan dalam alur lagu, dan perubahan ini tertulis pada instruksi di dalam lagu. Ada juga beberapa istilah yang menggunakan bahasa Italia yang ada dalam dinamika musik. Istilah- istilah tersebut antara lain : piano (p), mezzopiano (mp), pianisimo (pp), pianississimo (ppp), forte (f), mezzforte (mf), fortissimo (ff), fortississimo (fff), crescendo ,descrescendo dan lain -lain. Di dalam upaya menerapakan dinamika lagu yang di sebutkan diatas, peneliti mengambil siswa-siswi SMA Negeri Sasitamean, desa Manulea, kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur. Sebagai subjek penelitian dengan menggunakan lagu Ohin Loron yang diaransemen oleh Bapak Abraham Taek, Pada tahun 2014. Lagu ini merupakan nyanyian misa devosi kepada Santa Perawan Maria, Dan biasanya dinyanyikan pada bulan Maria. Selain itu, di daerah Malaka, lagu ini juga dinyanyikan pada bulan oktober, saat perarakan akbar patung Bunda Maria gua Lordes Malaka. Metode yang digunakan adalah metode Drill. Metode drill merupakan salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada kegiatan latihan, yang dilakukan berulang-ulang atau secara terus menerus, untuk menguasai kemampuan atau keterampilan tertentu. Dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa dengan penerapan dinamika dalam lagu Ohin Loron sangat membantu siswa/siswi dalam memproyeksi suara mereka dan memahami perubahan volume suara mereka masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dinamika, Lagu Ohin Loron, Metode Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Mariana Bano
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:12
Last Modified: 31 Aug 2023 06:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item