Penerapam Pola Irama Swing Pada Gitar Klasik Sebagai Iringan Lagu “ Isn't She Lovely “ Melalui Metode Imitasi dan Drill Pada Mahasiswa Semester V Minat Gitar Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

NDETU, Apolonius (2023) Penerapam Pola Irama Swing Pada Gitar Klasik Sebagai Iringan Lagu “ Isn't She Lovely “ Melalui Metode Imitasi dan Drill Pada Mahasiswa Semester V Minat Gitar Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (369kB)

Abstract

Gitar klasik merupakan alat musik petik berdawai yang cukup diminati dan dipelajari dari berbagai kalangan usia. Dalam program studi pendidikan musik permainan gitar klasik juga diterapkan pada kurikukulum pembelajaran seni musik. Namun, materi yang diterapkan dalam mata kuliah gitar masih bersifat klasik sedangkan di lingkungan masyarakat mahasiswa dituntut mampu menguasai berbagai macam jenis musik dalam permainan gitar, salah satunya musik irama Swing. Berdasarkan uraian diatas, dirumuskan pertanyaan penelitian atau fokus penelitian yang menjadi bahan kajian dalam penelitian ini, yakni bagaimana upaya menerapkan pola irama Swing pada gitar klasik sebagai iringan lagu Isn’t She Lovely bagi mahasiswa minat gitar semester V program studi pendidikan musik Universitas Katolik Widya Mandiria Kupang melalui metode imitasi dan drill. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan Penerapan pola irama Swing pada gitar klasik sebagai iringan Isn’t She Lovely mahasiswa minat gitar semester V program studi pendidikan musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang melalui metode imitasi dan drill dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahap yaitu tahap awal perekrutan anggota minat gitar dan menentukan jadwal latihan. Tahap inti menjelaskan teori dasar pola iringan Swing, latihan menerapkan pola irama Swing pada gitar menggunakan etude – etude, latihan menerapkan pola irama Swing pada lagu model Isn’t She Lovely dan tahap akhir yaitu pementasan. Metode pembelajaran yang digunakan bukan hanya metode imitasi dan drill akan tetapi dibantu dengan metode meniru sebagai metode pendukung. Melalui proses latihan etude – etude dalam pola irama Swing mahasiswa dapat memainkan lagu model Isn’t She Lovely. Walaupun terdapat berbagai kesulitan namun hal tersebut dapat diatasi dengan metode imitasi dan drill yang disandingkan dengan metode meniru sebagai metode pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gitar, pola irama swing, imitasi, drill, dan mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd APOLONIUS NDETU
Date Deposited: 08 Sep 2023 23:24
Last Modified: 08 Sep 2023 23:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13840

Actions (login required)

View Item View Item