Meningkatkan Keterampilan Mendireksi Pola Birama 4/4 Dengan Model Lagu Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Pada Siswa-Siswi Kelas VII B SMPS Nusantara Ende Nuabosi-Kabupaten Ende

SOI, Theresia Mardinatal (2023) Meningkatkan Keterampilan Mendireksi Pola Birama 4/4 Dengan Model Lagu Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Pada Siswa-Siswi Kelas VII B SMPS Nusantara Ende Nuabosi-Kabupaten Ende. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (324kB)

Abstract

Pada Dasarnya kemampuan teknik mendireksi sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap orang dalam memimpin sebuah paduan suara. Siswa-siswi SMPS Nusantara Nuabosi Ende Tertentu pernah dipercayakan untuk mendireksi namun belum mampu mendireksi dengan pola birama yang sesuai pada teks lagu, kurang tegas dalam memimpin paduan suara, dan insetting/gerakan pendahuluan saat mulai bernyanyi belum jelas. Atas dasar inilah peneliti melakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Keterampilan Mendireksi Pola Birama 4/4 Dengan Model Lagu Himne Guru Pada Siswa-siswi Kelas VII B SMP Swasta Nusantara Ende Nuabosi-Kabupaten Ende”.Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Proses Latihan Meningkatkan Keterampilan Mendireksi Pola Birama 4/4 Pada Siswa-siswi Kelas VII B SMPS Nusantara Nuabosi.Tujuan Dari Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Keterampilan Mendireksi Pola Birama 4/4 Dengan Model Lagu Himne Guru Pada Siswa-siswi Kelas VII B SMPS Nusantara Nuabosi.Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode tindakan lapangan.Pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa meningkatkan keterampilan mendireksi pola birama 4/4 Dengan Model Lagu Himne Guru pada Siswa-siswi SMPS Nusantara Nuabosi Ende ditempuh melalui langkah-langkah yang dimulai dari merekrut siswa-siswi yang dipercayakan untuk mendireksi namun masih melakukan kesalahan,penentuan jadwal latihan,memberikan pemahaman tentang teknik mendireksi,mulai dari posisi berdiri,posisi kaki,gerakan tangan,arah pandangan seorang dirigen,melatih mendireksi pola birama 4/4, gerakan insetting/gerakan pendahuluan saat memulai lagu sampai gerakan akhir sebagai penutup lagu,dilanjutkan penerapan teknik berbirama 4/4 sebagai aplikasi pelatihan teknik pada lagu Himne Guru.Berbagai Kesulitan yang dialami siswa-siswi ditangani dengan cara dibimbing dan dilakukan secara berulang-ulang sampai mereka benar-benar menguasai teknik mendireksi dengan pola birama 4/4 Pada Lagu Himne Guru.Tahap akhir yaitu pengambilan video(pementasan).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses meningkatkan keterampilan mendireksi pola birama 4/4 dengan model lagu Himne Guru pada siswa-siswi kelas VII B SMPS Nusantara Nuabosi dengan baik Dengan Pola Birama 4/4.Meskipun ada beberapa kesulitan namun hal tersebut bisa di atasi dengan metode Demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mendireksi,Birama 4/4,Metode Demonstrasi,Siswa-Siswi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Theresia Mardinatal Soi
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:08
Last Modified: 20 Oct 2023 08:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item