TOBI, Veronika Barek (2022) Efektivitas Penerapan Teknik Self Management Melalui Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Konsep Diri Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (573kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
Abstract
Judul skripsi : efektifitas penerapan teknik self management melalui konseling kelompok untuk peningkatan konsep diri siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Mengapa teknik self management melalui konseling kelompok digunakan untuk peningkatan konsep diri siswa?, 2) Bagaimana prosedur penerapan teknik self management melalui konseling kelompok untuk peningkatan konsep diri siswa?, 3) Apakah penerapan teknik self management melalui konseling kelompok efektif untuk peningkatan konsep diri siswa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Alasan penerapan teknik self management melalui konseling kelompok untuk peningkatkan konsep diri siswa? 2) Prosedur penerapan teknik self management melalui konseling kelompok untuk peningkatan konsep diri siswa? 3) Efektivitas penerapan teknik self management melalui konseling kelompok untuk peningkatan konsep diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kajian studi kepustakaan. Objek kajian dalam penelitian ini adalah tentang teknik self management, konseling kelompok dan konsep diri siswa. Sumber data yang digunakan penulis adalah data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa teknik self management melalui konseling kelompok adalah teknik yang tepat digunakan untuk meningkatkan konsep diri siswa karena tujuan teknik self management diberikan untuk membantu klien mengubah perilaku negative dan mengembangkan perilaku positif dengan jalan mengamati diri sendiri. Proses penerapan teknik self management melalui konseling kelompok untuk peningkatan konsep diri siswa dilaksanakan melalui lima tahap yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, tahap penyimpulan dan tahap penutup. Dalam tahap kegiatan diterapkan teknik self monitoring, dengan langkah-langkah yaitu rasional strategi, memilih respon, mencatat respon, memetakan respon, mempertunjukkan data dan analisis data. Hasil kajian membuktikan bahwa teknik self management efektif untuk peningkatan konsep diri siswa di sekolah, hal ini didukung oleh artikel hasil penelitian terdahulu yang membuktikan bahwa setelah diterapkan teknik self management. Konsep diri siswa di sekolah mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil kajian penulis memberikan saran kepada: 1) guru BK untuk lebih memperdalam pengetahuan, pemahaman, dan wawasan mengenai penerapan teknik self management melalui konseling kelompok untuk peningkatan konsep diri siswa di sekolah. 2) Penulis, melalui penulisan skripsi ini diharapkan untuk lebih memahami dan menguasai teori dan keterampilan dalam menerapkan teknik self management melalui konseling kelompok untuk peningkatan konsep diri siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik self management, konseling, konsep diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Pd Veronika Barek Toby |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 05:48 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 05:48 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14765 |
Actions (login required)
View Item |