Profil Pemanfaatan Teknologi Infromasi Dalam Belajar Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Oenopu Tahun Pelajaran 2022/2023)

ATOK, Maria Adelia Strada (2023) Profil Pemanfaatan Teknologi Infromasi Dalam Belajar Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Oenopu Tahun Pelajaran 2022/2023). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)

Abstract

Judul skripsi: Profil Pemanfaatan teknologi informasi dalam belajar di Sekolah dan implikasinya bagi program bimbingan belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Oenopu Tahun Pelajaran 2022/2023. Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana profil pemanfaatan teknologi infromasi dalam belajar di Sekolah bagi peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Oenopu, Kabupaten Timor Tengah utara tahun pelajaran 2022/2023?, 2) Apa implikasi profil pemanfaatan teknologi infromasi dalam belajar di Sekolah bagi peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Oenopu, Kabupaten Timor Tengah Utara tahun pelajaran 2022/2023, bagi program bimbingan belajar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Profil pemanfaatan teknologi informasi dalam belajar di sekolah bagi peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Oenopu, Kabupaten Timor Tengah Utara tahun pelajaran 2022/2023. 2)Implikasi dari profil pemanfaatan teknologi informasi dalam belajar di Sekolah bagi peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Oenopu, Kabupaten Timor Tengah Utara tahun pelajaran 2022/2023, bagi program bimbingan belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa angket. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Oenopu tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis kecenderungan pusat. Variabel dalam penelitian adalah variabel tunggal yakni pemanfaatan teknologi informasi dalam belajar di sekolah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam belajar di sekolah kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Oenopu tahun pelajaran 2022/2023 diperoleh skor rata-rata 121,28 berada pada rentangan skor 100-129, termasuk kategori tinggi. Hasil analisis setiap aspek menunjukkan bahwa aspek pemanfaatan waktu dengan skor rata-rata 42,28 berada pada rentangan skor rata-rata 36-45 termasuk kategori tinggi, aspek pemanfaatan aplikasi teknologi informasi baik dari segi jumlah aplikasi, maupun keragaman aplikasi dengan skor rata-rata  41,31 berada pada rentangan skor 33-42, termasuk kategori tinggi, aspek penggunaan perangkat akses terhadap internet dengan skor rata-rata 23,33 pada rentangan skor 23-29, berada pada kategori tinggi, aspek penggunaan internet secara pasif, aktif dan inovatif dengan skor rata-rata 15,02 berada pada rentangan skor 13-16 termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah diharapkan tetap mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dengan semua pihak yang ada di sekolah khususnya guru bimbingan konseling untuk melaksanakan program bimbingan belajar dalam mempertahankan penggunaan teknologi informasi yang baik. b) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan untuk mengembangkan program bimbingan belajar untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa khususnya masalah pemanfaatan teknologi informasi dalam belajar di sekolah. c) Peserta Didik diharapkan untuk terlibat aktif dalam kegiatan program bimbingan belajar yang dilaksanakan di sekolah, agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa angket.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S. Pd Maria Adelia Strada Atok
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:42
Last Modified: 01 Feb 2024 06:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14824

Actions (login required)

View Item View Item