Implementasi Kebijakan Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sikka

DA CUNHA, Evolino Rivaldo (2024) Implementasi Kebijakan Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sikka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

EVOLINO RIVALDO DA CUNHA. Implementasi Kebijakan Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sikka. (Dibimbing oleh Paulus A.K.L Ratumakin, S.Fil,M.Si dan Hendrikus L. Kaha, S.IP,M.Si). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem, ketersediaan informasi, bentuk layanan dari penerapan pelayanan E-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sikka. Metode penelitian dengan lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berlokasi di Kabupaten Sikka. Pemilihan tempat dan lokasi penelitian dengan alasan yaitu peneliti ingin mengetahui kasus pelayanan E-KTP di instansi tersebut. Jenis penelitian kualitatif dengan sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder. Informan penelitian terdiri atas Kasubag. Umum dan Kepegawaian, Kepala Bagian PIAK dan masyarakat yang menggunakan pelayanan E-KTP. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa sistem dari penerapan pelayanan E-KTP telah diterapkan sesuai dengan input, proses dan output data pemohon yang wajib memiliki KTP dan telah teregistrasi dalam sistem online pada database kepedudukan nasional. Ketersediaan informasi dari penerapan pelayanan E-KTP telah disesuaikan dengan kebutuhan perolehan informasi yang bersifat objektif, subjektif dan general untuk mendapatkan NIK yang sesuai KK yang teregistrasi. Bentuk layanan dari penerapan pelayanan E-KTP ditunjukkan oleh pegawai dalam melayani pemohon berupa kualitas layanan interaksi, lingkungan fisik dan hasil untuk menjamin terwujudnya harapan pelayanan penerbitan E-KTP. Bentuk feedback dari penerapan pelayanan E-KTP telah ditindaklanjuti oleh pegawai berdasarkan kesesuaian, efektif, ketepatan waktu dan prosedural dari kegiatan pelayanan penerbitan E-KTP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan E-KTP
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Evolino Rivaldo da Cunha
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:19
Last Modified: 02 Apr 2024 06:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15806

Actions (login required)

View Item View Item