Identifikasi Jenis Tumbuhan Obat Yang Digunakan Untuk Mengobati Penyakit Pada Manusia Oleh Masyarakat Desa Tanalein Kecamatan Solor Barat Kabupaten Flores Timur

LOLAN, Maria Oktaviana Sebo (2024) Identifikasi Jenis Tumbuhan Obat Yang Digunakan Untuk Mengobati Penyakit Pada Manusia Oleh Masyarakat Desa Tanalein Kecamatan Solor Barat Kabupaten Flores Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI .pdf

Download (345kB)

Abstract

Tumbuhan obat merupakan tumbuh-tumbuhan yang memiliki kandungan zat aktif yang berperan dalam penyembuhan penyakit atau pun gangguan kesehatan. Pemanfaatan tumbuh-tumbuhan di Indonesia sebagai salah satu bahan untuk pengobatan dan mengatasi masalah kesehatan telah ada sejak dahulu. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang bermanfaat sebagi obat oleh masyarakat Desa Tanalein Kecamatan Solor Barat Kabupaten Flores Timur; (2) Bagian tumbuhan yang bermanfaat sebagai obat oleh masyarakat Desa Tanalein Kecamatan Solor Barat Kabupaten Flores Timur; dan (3) Cara pengolahan tumbuhan yang bermanfaat sebagai obat oleh masyarakat Desa Tanalein Kecamatan Solor Barat Kabupaten Flores Timur Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat 20 jenis tumbuhan berkahisat sebagai obat dari 12 famili yang digunakan oleh masyarakat Desa Tanaleinsebagai bahan obat yang teridentifikasi yaitu famili Zingiberaceae, Asteraceae, Annonaceae, Myrtaceae, Moraceae, Piperaceae, Poaceae, Meliaceae,Euphorbiaceae, Acanthaceae, Asphodelaceae, dan Pandanaceae. Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat terdiri atas beberapa bagian, yaitu rimpang, akar, batang, daun, buah, dan biji. Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat adalah akar, batang, daun, buah, dan biji. Cara pengolahan tumbuhan berkhasiat obat terdiri dari beberapa cara, yaitu, direbus, dihaluskan, direndam/diseduh, maupun digunakan secara langsung untuk mengobati demam, sebagai penghangat badan, asam urat, kanker, menghindari infeksi, lambung, mengobati penyakit liver, penurun panas mata ikan, kutu air, panu, sakit perut, sariawan, darah tinggi, ambeien, dan diabetes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat 20 jenis tumbuhan berkhasiat obat; (2) Organ tumbuhan yang digunakan sebagai obat adalah akar, batang, daun buah, dan biji, (3) Cara pengolahan tumbuhan berkhasiat obat terdiri dari beberapa cara yaitu, direbus, dihaluskan, direndam/diseduh, maupun digunakan secara langsung untuk mengobati demam, sebagai penghangat badan, asam urat, kanker, menghindari infeksi, lambung, mengobati penyakit liver, penurun panas mata ikan, kutu air, panu, sakit perut, sariawan, darah tinggi, ambeien, dan diabetes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Tumbuhan Obat, Penyakit Pada Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd MARIA OKTAVIANA SEBO LOLAN
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:39
Last Modified: 04 Apr 2024 00:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15827

Actions (login required)

View Item View Item