Persepsi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri (Studi Kasus Pelurusan Rambut Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)

TUNCE, Maria Theresia (2024) Persepsi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri (Studi Kasus Pelurusan Rambut Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SUKET BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (222kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Persepsi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri (Studi Kasus Pelurusan Rambut Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang). Penelitian ini dilakukan karena penampilan merupakan bentuk citra diri yang terpancar dari diri seseorang dan juga merupakan sarana komunikasi antara seorang individu dengan individu lain, tampil menarik merupakan kunci untuk meningktkan kepercayaan diri, Faktor kepercayaan diri dapat dilihat dari keadaan fisik, salah satunya penampilan rambut. Kebutuhan untuk memiliki rambut lurus sudah terjadi dikalangan mahasiswa/mahasiswi. Penelitian ini menggunakan teori persepsi, dengan konsep penelitian terdahulu, komunikasi, kepercayaan diri dan pelurusan rambut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi mendalam kepada 6 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa dalam meningkatkan kepercayaan diri memiliki persepsi positif dan negatif. Persepsi positif yang ditemukan yakni mahasiswa percaya pelurusan rambut dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Dengan kata lain, mahasiswa merasa lebih percaya diri ketika rambut mereka diluruskan, hal ini karena penampilan yang dirasakan lebih rapi dan sesuai dengan standar yang diinginkan. Persepsi negatif yang ditemukan yakni adanya penurunan kepercayaan diri informan. Kesimpulan yang diambil setelah penelitian dilakukan bahwa persepsi mahasiswa dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui pelurusan rambut pada mahasiswa ilmu komunikasi Angkatan 2020 Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yaitu, persepsi positif dan persepsi negatif. Saran kepada mahasiswa prodi ilmu komunikasi angkatan 2020 UNWIRA diharapkan dapat dengan bijak dan mencari cara-cara yang lebih efektif dalam memilih cara untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penampilan, Kepercayaan Diri, Teori Persepsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maria Theresia Tunce
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:05
Last Modified: 14 Oct 2024 07:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17020

Actions (login required)

View Item View Item