Strategi Pengelolaan Lahan Parkir (Studi Kasus Ruko Oebobo)

KASA, Eugenius Tedy (2024) Strategi Pengelolaan Lahan Parkir (Studi Kasus Ruko Oebobo). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (671kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pengelolaan lahan parkir pada area Ruko Oebobo di Jalan W.R. Monginsidi III dengan dua fokus utama: (1) bagaimana karakteristik perparkiran pada area tersebut, dan (2) berapa kebutuhan daya tampung ruang parkir untuk menampung kendaraan jika ditinjau dari karakteristik parkir yang ada. Data primer dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pencatatan volume kendaraan yang masuk dan keluar dari area parkir, sementara data sekunder diperoleh dari SNI yang mengatur standar dan peraturan terkait tempat parkir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume parkir untuk sepeda motor dan mobil berfluktuasi sepanjang minggu, dengan akumulasi parkir yang bervariasi dari 53 hingga 177 motor per jam dan 7 hingga 36 mobil per jam. Durasi parkir rata-rata untuk sepeda motor adalah sekitar 20-30 menit, sedangkan untuk mobil berkisar antara 15 hingga 1 jam 17 menit. Kapasitas lahan parkir saat ini mampu menampung 146 motor per jam dan 8 mobil per jam. Indeks parkir untuk sepeda motor dan mobil menunjukkan bahwa kebutuhan parkir di area ini telah tercukupi, dengan nilai indeks parkir di bawah 1,00, menunjukkan bahwa ruang parkir yang ada cukup untuk menampung kendaraan yang parkir. Namun, temuan ini juga menunjukkan perlunya penataan pola parkir yang lebih baik dan larangan penggunaan area parkir oleh pedagang kaki lima untuk menghindari penyempitan ruang parkir. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk pengelolaan parkir yang lebih efisien dan berkelanjutan di masa depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan lahan parkir, karakteristik perparkiran, kebutuhan daya tampung, indek sparkir, Ruko Oebobo.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: EUGENIUS TEDY KASA
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:59
Last Modified: 24 Oct 2024 07:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17846

Actions (login required)

View Item View Item