Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Verbal Siswa Dalam Mengikuti Mata Pelajaran PKN Di Kelas (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPS SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019)

KERAF, Elisabet D. (2019) Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Verbal Siswa Dalam Mengikuti Mata Pelajaran PKN Di Kelas (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XI IPS SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan teknik restukturisasi kognitif dalam layanan bimbingan kelompok efektif mereduksi perilaku agresif verbal siswa dalam mengikuti mata pelajaran PKN di kelas XI IPS SMA.K Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas teknik restrukturisasi kognitif dalam layanan bimbingan kelompok untuk mereduksi perilaku agresif verbal dalam mengikuti mata pelajaran PKN di kelas XI IPS SMA.K Sint Carolus Kupang Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tipe pra eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi dan panduan pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif dalam layanan mengikuti mata pelajaran PKN. Teknik analisis data berdasarkan pada analisis pra eksperimen subjek tunggal atau single subject desigenmodel A-B.Analisis dilakukan secara individu yakni dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran penelitian pada tahap baseline 1(A1)danbaseline 2 (A2)dan menggambarkan dalam bentuk grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecenderungan/ trend stabilitasperubahan level yang terjadi pada fase baseline 1(A1)dan fase baseline 2 (A2).Dari hasil analisis data menunjukan bahwa teknik restukturisasi kognitif dalam layanan bimbingan kelompok efektif mereduksi perilaku agresif verbal siswa dalam mengikuti mata pelajaran PKN di kelas pada siswa kelas XI IPS SMAK.Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2018/2019, yang dibuktikan dengan trend stabilitaspada fase baseline 1 (A1)tinggi, setelah diberikan treatmentterjadi perubahan level kecendrungan arah dari tinggi menjadi rendah atau menurun pada fase baseline 2(A2).Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti mengemukakan saran: 1) bagi kepala sekolah: sebagai pimpinan tertinggi diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dengan seluruh personil sekolah lebih khusus dengan guru bimbingan dan konseling untuk dapat mengatasi perilaku agresif verbal siswa dalam mengikuti pelajaran PKN di kelas. 2) bagi guru BK : diharapkan lebih /intensif dalam memberi layanan bimbingan kelompok bagi para siswa yang berperilaku agresif verbal dalam mengikuti pelajaran PKN di kelas 3) bagi guru mata pelajaran PKN agar lebih meningkatkan kerja sama dengan guru bimbingan dan konseling dalam membantu mereduksi perilaku agresif verbal siswa di kelas 4) bagi siswa: diharapkan lebih aktif dalam mengikuti dan memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi perilaku agresif verbal siswa dalam mengikuti mata pelajaran PKN di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Tefa Frisca Yolanda
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:52
Last Modified: 13 Feb 2020 02:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1828

Actions (login required)

View Item View Item