MATA, Wanda Melani (2024) Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Ikan Paus Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universita Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK .pdf Download (726kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (581kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (950kB) |
Abstract
Sistem transportasi sangat berperan penting dalam perkembangan dan kemajuan suatu daerah, termasuk juga di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam hal ini ialah Kota Kupang yang mengalami pembangunan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Salah satunya kawasan ruas Jalan Ikan Paus tersebut menjadi pusat sosial ekonomi. Hal ini mengakibatkan semakin padatnya arus lalu lintas di Kota yang akan berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan manajemen lalu lintas yang terencana dan terarah namun terlebih dahulu perlu diketahui perilaku karakteristik lalu lintas seperti volume (flow), kecepatan (speed) dan kepadatan (density) untuk diketahui berapa kapasitas dan tingkat pelayanan dari ruas jalan tersebut. Peneltian dilakukan dengan mengumpulkan data primer berupa data geometrik jalan, volume lalu lintas, kecepatan, dan hambatan samping berdasarkan metode analisis MKJI 1997 dan membuat model simulasi lalu lintas dengan aplikasi software PTV VISSIM 9.0 untuk mendapatkan solusi terhadap kinerja ruas jalan. Hasil perhitungan berdasarkan MKJI 1997 nilai kapasitas sebesar 2094 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,68 dan hasil simulasi software PTV VISSIM 9.0 jumlah volume kendaraan 2880 kend/jam dengan kondisi ruas jalan dengan parkir di badan jalan didapat LOS C menunjukkan kinerja ruas Jalan Ikan Paus arus lalu lintas yang stabil namun kecepatan kendaraan dibatasi dengan faktor utama masalah lalu lintas adalah aktivitas hambatan samping yang tinggi. Kemudian dilakukan running PTV VISSIM dengan menghilangkan parkir pada badan jalan didapat LOS menjadi rendah (B) dengan jumlah kendaraan 365 kendaraan. Pada ruas Jalan Ikan Paus kelas hambatan samping pada jalan ini tinggi dikarenakan aktivitas pada sisi jalan berupa parkir yang tinggi, sehingga solusi dari penyebab masalah lalu lintas adalah dengan menghilangkan aktivitas parkir on street atau membuat ruang khusus parkir berdasarkan hasil solusi running PTV VISSIM sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas dan mempertahankan kinerja ruas jalan agar tetap baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Volume Lalu Lintas, Kecepatan, Hambatan Samping, MKJI 1997, PTV VISSIM 9.0 |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Wanda Melani Mata |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:26 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 06:26 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18362 |
Actions (login required)
View Item |