TEFA, Magdalena Vamilia (2025) Upaya Pembelajaran Membaca Notasi Angka pada Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri X Kupang. Undergraduate thesis, Universitas katolik Widya Mandira Kupang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (487kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
Abstract
Salah satu teknik yang harus diperhatikan dalam musik vokal adalah teknik membidik nada atau intonasi. Ketidaktepatan dalam membidik notasi dapat mengakibatkan kesalahan penyanyi dalam menempatkan syair lagu kedalam melodi lagu yang dinyanyikan. Pada dasarnya siswa-siswi memiliki kemampuan yang berbeda-beda, terutama pada pembelajaran seni musik yaitu ketrampilan membaca notasi angka. Permasalahan yang di alami di SMP Negeri X Kupang adalah siswa-siswi mengalami kesulitan pada saat membidik nada-nada yang memiliki jarak interval jauh. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu :1. Bagaimana Proses Pembelajaran Membaca Notasi Angka pada Siswa-Siswi kelas VIII SMP Negeri X Kupang? 2. Apa saja kesulitan yang dialami siswa- siswi kelas VIII SMP Negeri X Kupang dalam membaca notasi angka?. Tujuan penelitian ini : 1. untuk mengetahui proses pembelajaran Membaca Notasi Angka pada siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri X Kupang dan 2. Untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa- siswi kelas VIII SMP Negeri X Kupang dalam membaca notasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kulitatif dengan penerapan metode solfegio dan drill. Sumber data penelitian diperoleh melalui data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, studi lapangan, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peserta didik yang berjumlah 20 orang baik sekali karena kemampuan membaca notasi angka dari peserta didik meningkat signifikan setelah mengikut pembelajaran membaca notasi angka. Pada pertemuan pertama 3 orang siswa (15% siswa) dapat membaca notasi dengan baik, 5 orang siswa (25% siswa) membaca notasi dengan kesalahan kecil, dan 60% siswa tidak dapat membaca notasi sedangkan pada pertemuan terakhir 15 orang siswa (75% siswa) dapat membaca notasi dengan baik, 5 orang siswa (25% siswa) membaca notasi dengan kesalahan kecil. Dengan kemajuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik kelas VIII, selain faktor musikalitas, dipengaruhi juga dengan motivasi belajar dalam kelas, dan metode pembelajaran yang di terapkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Notasi, Angka |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
| Depositing User: | Magdalena Vamilia Tefa |
| Date Deposited: | 06 Oct 2025 06:50 |
| Last Modified: | 06 Oct 2025 06:50 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
