ANE, Arnoldus Yansen (2025) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 KOTA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (412kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
Abstract
Judul Skripsi: Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas (X) konsep diri dan variabel terikat (Y) perencanaan karir. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII A, B dan C SMP Negeri 16 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 89 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket konsep diri dan angket perencanaan karir. Analisis data penelitian menggunakan teknik regresi linear sederhana dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26 for windows. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai F_(hitung ) sebesar 20,352 dan nilai F_tabel sebesar 3,948 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai F_(hitung ) jika dikonsultasikan dengan F_tabel, maka F_(hitung > ) F_tabel 20,352 > 3,948 dan nilai signifikansi jika dibandingkan dengan α = 0,05, maka nilai sig. lebih kecil daripada α (sig. ≤ α), yaitu 0,000 ≤ 0,05. Diperoleh nilai thitung sebesar 4,511 dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 89-2= 87 maka diperoleh ttabel sebesar 1,291. Distribusi nilai ttabel dapat dilihat pada. Karena thitung lebih besar dari ttabel (4,511 > 1,291) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh konsep diri terhadap perencanaan karir pada siswa/siswi SMP Negeri 16 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala Sekolah sebagai pemimpin di sekolah diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dengan seluruh personil sekolah khususnya Guru Bimbingan dan Konseling dalam memberikan layanan informasi terkait konsep diri dan perencanaan karir, agar dapat membangun konsep diri yang positif terhadap perencanaan karir siswa. 2) Guru BK diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang baik dengan melibatkan wali kelas dan guru mata pelajaran dalam perencanaan program BK, sehingga dapat membantu siswa untuk membangun konsep diri yang positif terhadap perencanaan karir siswa. 3) Siswa diharapkan dapat memahami pentingnya membangun konsep diri yang positif sehingga mampu membuat perencanaan karir yang baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | konsep diri, perencanaan karir, siswa |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Arnoldus Yansen Ane |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 23:08 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 23:08 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/23133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
