Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIICSMPKSt. Theresia Disamakan Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

KEMBA, Ivonia (2020) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIICSMPKSt. Theresia Disamakan Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi siswa dengan kemandirian belajar siswa di kelas VIIIC SMPK St. Theresia Disamakan Kupang tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa di lingkungan sekolah kelas VIIIC SMPK St. Theresia Disamakan Kupangtahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi berprestasi(X) danvariabel terikat adalah kemandirian belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIIICSMPK St. Theresia Disamakan Kupang tahun pelajaran 2019/2020yang berjumlah 32 orang dan sampel yang diambil adalah seluruh kelas VIIICSMPK St. Theresia Disamakan Kupang tahun pelajaran 2019/2020yang berjumlah 32 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel atau r hitung> r tabelyaitu 0,634>0,361 pada taraf signifikasi 5% dengan db= N-2=30. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VIIIC SMPK St. Theresia Disamakan Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VIIICSMPK St. Theresia Disamakan Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan berkomunikasi siswa dan interaksi sosial siswa di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada:1) Kepala sekolah selaku pimpinan dan penanggungjawab sekolah supaya meningkatkan kerja sama dengan wali kelas, guru mata pelajaran, orang tua dan konselor sekolah untuk mendampingi siswa dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan interaksi sosial siswa di lingkungan sekolah. 2) Guru mata pelajaran diharapkan untuk menciptakan suasana yang kondusif dan dapat menggunakan metode-metode pembelajaran yang dapat mendukung pemahaman siswa tentang motivasi berprestasi dengan kemandirian belajar siswa. 3) Guru BK diharapkan untuk tetap memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa agar siswa dapat mengembangkan dan meningkatkan motivasi berprestasi dan kemandirian belajar dengan baik. 4) Siswa diharapkan dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK sehingga mampu meningkatkan dan mengembangkan motivasi berprestasi dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:25
Last Modified: 30 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4262

Actions (login required)

View Item View Item