Hubungan Pola Asuh Orang Tua Menurut Persepsi Siswa Dan Kecerdasan Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XII IPS 5 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018)

Londa, Nestalia Mega (2018) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Menurut Persepsi Siswa Dan Kecerdasan Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XII IPS 5 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)

Abstract

Judul skripsi: Hubungan Pola Asuh Orang Tua Menurut Persepsi Siswa dan Kecerdasan Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas XII IPS5 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Masalah umum penelitian apakah ada hubungan pola asuh orang tua menurut persepsi siswa dan kecerdasan sosial pada siswa kelas XII IPS5 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018? Masalah khusus penelitian apakah ada hubungan sub-sub variabel pola asuh orang tua (otoriter, demokratis dan permisif) menurut persepsi siswa dan kecerdasan sosial pada siswa kelas XII IPS5 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua menurut persepsi siswa dan kecerdasan sosial pada siswa kelas XII IPS5 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran2017/2018. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sub-sub variabel pola asuh orang tua (otoriter, demokratis dan permisif) menurut persepsi siswa dan kecerdasan sosial pada siswa kelas XII IPS5 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS5 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket Pola asuh orang tua menurut persepsi siswa dan angket Kecerdasan sosial. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tidak ada hubungan pola asuh orang tua menurut persepsi siswa dan kecerdasan sosial pada siswa kelas XII IPS5 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2017/2018, yang dibuktikan dengan Rhitung = 0,404 lebih kecil dari Rtabel = 0,487 pada taraf signifikansi 1% dengan derajat kebebasan = n-2 = 29-2 =27 dan secara khusus tidak ada hubungan sub-sub variabel pola asuh orang tua (otoriter, demokratis dan permisif) dan kecerdasan sosial pada siswa kelas XII IPS 5 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: a. Kepala Sekolah selaku pimpinan dan penanggung jawab sekolah supaya meningkatkan kerja sama dengan wali kelas, guru BK dan orang tua untuk mendampingi siswa agar dapat memperhatikan faktor penyebab lain yang ada hubungan dengan kecerdasan sosial siswa selain pola asuh orang tua. b. Guru BK sebagai penyelenggara bimbingan dan konseling di sekolah diharapkan untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif bersama personil sekolah dan orang tua siswa memperhatikan faktor penyebab lain yang ada hubungan dengan kecerdasan sosial siswa selain pola asuh yang diberikan oleh orang tua. c. Siswa diharapkan dapat memperhatikan dan memahami berbagai faktor yang dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap kecerdasan sosial siswa selain pola asuh yang diberikan oleh orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 27 May 2022 04:34
Last Modified: 27 May 2022 04:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item View Item