HAMI, Avelina Y. N. (2016) Persepsi Siswa Tentang Berpacaran Dan Implikasinya Bagi Bimbingan Pribadi-Sosial (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (464kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (264kB) |
Abstract
Judul skripsi : Persepsi Siswa Tentang Berpacaran Dan Implikasinya Bagi Bimbingan pribadi sosial ( studi deskriptif kuantitatif pada siswa-siswi kelas VIII F SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah a). Bagaimana persepsi siswa tentang berpacaran pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2015/2016?, b). Bagaimana implikasinya bagi bimbingan pribadi sosial pada siswa kelas VIII–F SMP Negeri 4 Kupang?. Tujuan penelitian ini a). Untuk mengetahui persepsi siswa tentang berpacaran pada siswa kelas VII – F SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, b). Untuk mengetahui implikasinya bagi bimbingan pribadi sosial pada siswa kelas VIII – F SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah inventori. Alat pengumpul data berupa daftar check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang berpacaran terdiri dari yaitu: 1) Persepsi siswa tentang pengertian berpacaran sebagai berikut: berpacaran adalah menentukan pilihan dalam mencari jodoh, aktivitas bersama, keterbukaan dalam pribadi, untuk bersenang –senang dan menjadi pasangan hidup. Persepsi siswa tentang pengertian berpacaran yang paling dominan dipilih siswa yaitu pacaran adalah untuk menentukan dalam mencari jodoh, dengan jumlah responden 21 orang. 2) Persepsi siswa tentang alasan berpacaran adalah sebagai berikut: berpacaran hanya untuk bersenang-senang, untuk mencari hiburan, untuk memperoleh banyak teman, untuk mendapat teman dekat, mengetahui dampak positif dan negatif berpacaran, mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pasangan, ingin memperoleh kasih sayang, ingin memperoleh cinta. Persepsi siswa tentang alasan berpacaran yang paling dominan dipilih siswa adalah untuk memperoleh banyak teman, dengan jumlah respnden 22 orang. 3) Persepsi siswa tentang dampak positif : membuat prestasi belajar meningkat, pergaulan bertambah luas, memberikan motivasi dalam belajar dan mendorong untuk semangat belajar. Sedangakan dampak negatif berpacaran seperti: prestasi belajar menurun, menjadi malas belajar, malas ke sekolah, menjadi boros. Persepsi siswa tentang dampak positif dan negatif berpacaran yang paling dominan dipilih adalah membuat prestasi belajar meningkat, dengan jumlah responden 22 0rang. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak yang terkait yaitu 1) Kepala sekolah : diharapkan dapat menyiapkan sarana prasarana yang mendukung penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah khususnya bimbingan pribadi sosial sehingga dapat berlangsung secara efektif dan efisien 2) Konselor sekolah : diharapkan agar dapat memberikan layanan bimbingan pribadi sosial yang berkaitan dengan berpacaran agar siswa lebih memahami tentang berpacaran yang etis 3) Siswa : diharapkan dapat menyesuaikan diri dan belajar bergaul yang baik agar terhindar dari perilaku – perilaku yang menyimpang dalam pergaulan khususnya dalam hal berpacaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 30 May 2022 03:47 |
Last Modified: | 30 May 2022 03:47 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6700 |
Actions (login required)
View Item |