BOLEN, Emirensiana Penaten (2016) Hubungan Antara Bimbingan Belajar Dengan Disiplin Belajar (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IX A SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (429kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (75kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
Abstract
Judul skripsi: Hubungan Antara Bimbingan Belajar dengan Disiplin Belajar (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas 1XA SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang Tahun Pelajaran 2015/ 2016). Masalah penelitian: apakah ada hubungan antara bimbingan belajar dan disiplin belajar pada siswa kelas 1XA SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar dan disiplin belajar siswa kelas 1XA SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis, dan alat pengumpul data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment angka kasar dari Pearson dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan antara bimbingan belajar dan disiplin belajar pada siswa kelas IXA SMP Swasta Diakui Adhyaksa 2 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan rhitung sebesar 0,686 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% dengan rtab sebesar 0,433. Dengan demikian bimbingan belajar yang dimiliki siswa mempunyai hubungan dengan disiplin belajar yang dimiliki siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar berhubungan dengan disiplin belajar pada siswa kelas IXA SMP Swasta diakui Adhyaksa 2 Kupang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah, selaku pendidik, pemimpin, dan pembimbing di sekolah hendaknya dapat bekerja sama dengan konselor dan guru dalam mengkoordinir kegiatan bimbingan belajar siswa, untuk meningkatkan disiplin belajar siswa agar mencapai prestasi belajar yang baik. b) Guru, diharapkan dapat menanamkan disiplin belajar siswa dengan ,enjalankan bimbingan belajar dalam kerja sama dengan konselor. c) konselor, sebagai penyelenggara bimbingan dan konseling dengan baik. d) Siswa, dapat memanfaatkan bimbingan belajar di sekolah sebagai sarana bantuan untuk mengatasi kesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 00:41 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 00:41 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6705 |
Actions (login required)
View Item |