HATI, Petronela Maria (2016) Hubungan Antara Penerimaan Kelompok Sebaya Dengan Komunikasi Antarpribadi (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XII IIS3 SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (456kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
Abstract
Judul skripsi: Hubungan Antara Penerimaan Kelompok Sebaya Dengan Komunikasi Antarpribadi (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XII IIS 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah: Apakah ada hubungan antara penerimaan kelompok sebaya dengan komunikasi antarpribadi siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian: untuk mengetahui hubungan antara penerimaan kelompok sebaya dengan komunikasi antarpribadi siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik wawancara tertulis dan alat pengumpul data berupa angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII IIS 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment Angka Kasar dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data penelitian diketahui rhitung = 0.946. Hasil perhitungan ini dikonsultasikan dengan rtabel product moment pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (db/df) = N-2 (33-2 = 31), yaitu 0.355. Berdasarkan kaidah analisis, apabila r hitung > r tabel maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara penerimaan kelompok sebaya dengan komunikasi antarpribadi siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) tidak ada hubungan antara penerimaan kelompok sebaya dengan komunikasi antarpribadi pada siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 7 Kupang, ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) ada hubungan antara penerimaan kelompok sebaya dengan komunikasi antarpribadi pada siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 7 Kupang, diterima. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan antara penerimaan kelompok sebaya dengan komunikasi antarpribadi siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini berarti penerimaan kelompok sebaya sangat menentukan komunikasi antarpribadi siswa kelas XII IIS 3 SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Sesuai dengan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala Sekolah, sebagai pimpinan lembaga diharapkan mengkoordinir semua komponen yang ada di sekolah untuk menyusun program yang berkaitan dengan peningkatkan penerimaan kelompok sebaya dan komunikasi antarpribadi siswa di sekolah. b) Guru BK, sebagai pembina siswa-siswi diharapkan mempertahankan dan meningkatkan perhatian terhadap kebutuhan siswa yang berkaitan dengan penerimaan kelompok sebaya dan komunikasi antarpribadi siswa. c) Wali Kelas, sebagai pengganti orang tua siswa-siswi diharapkan mempertahankan dan meningkatkan perhatian terhadap para siswa dalam berinteraksi dengan teman sebayanya dan mampu melakukan komunikasi antarpribadi yang efektif dengan teman sebayanya. d) Siswa-Siswi, sebagai pelajar diharapkan lebih berpartisipasi akif dengan teman sebayanya dan dapat berkomunikasi dengan teman-temannya secara efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:20 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:20 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6725 |
Actions (login required)
View Item |