NDEWI, Petrus (2016) Efektivitas Teknik Simulasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Antar Pribadi Siswa Kelas XC SMA Kristen I Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (182kB) |
Abstract
Judul skripsi ini adalah Efektivitas Teknik Simulasi dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi antar Pribadi Siswa Kelas XC Di SMA Kristen I Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknik simulasi dalam layanan bimbingan kelompok efektif meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar pribadi siswa kelas XC SMA Kristen I Kupang Tahun pelajaran 2015/2016 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan teknik simulasi dalam layanan bimbingan kelompok guna meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar pribadi siswa kelas XC SMA Kristen I Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian tipe pra-eksperimen menggunakan Single Subject Design (SSD) model A-B. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelas XC SMA Kristen 1 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, yang kemampuan berkomunikasi antar pribadinya rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan alat pengumpul datanya pedoman observasi. Analisis data dilakukan secara individual yakni dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap sebelum treatment dan sesudah treatment serta menggambarnya dalam grafik. Berdasarkan hasil pengukuran efektivitas, dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik simulasi dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar pribadi siswa di sekolah. Berdasarkan simpulan tersebut, dapat diberikan saran kepada : 1. Kepala Sekolah hendaknya lebih mengkordinir pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah agar dapat membantu siswa yang mengalami masalah, khususnya masalah kemampuan berkomunikasi antar pribadi siswa di lingkungan sekolah. 2. Guru BK diharapkan lebih meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling khususnya penggunaan teknik simulasi dalam layanan bimbingan kelompok, agar dapat membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar pribadi siswa. 3. Para siswa hendaknya dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, khususnya layanan bimbingan kelompok agar dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar pribadinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:25 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:25 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6727 |
Actions (login required)
View Item |