LADUMA, Ika Ratna Sari (2021) Efektivitas Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Disiplin Belajar Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (323kB) |
Abstract
Skripsi ini menelaah tentang efektivitas penerapan teknik restrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan disiplin belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Mengapa teknik restrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok diterapkan untuk peningkatan disiplin belajar siswa? 2) Bagaimana prosedur penerapan teknik restrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan disiplin belajar siswa? 3) Apakah penerapan teknik restrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok efektif untuk peningkatan disiplin belajar siswa? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Alasan penerapan teknik terstrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan disiplin belajar siswa, 2) Prosedur penerapan teknik restrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan disiplin belajar siswa, 3) Efektivitas penerapan teknik restrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan disiplin belajar siswa. Metode kajian pada penelitian adalah studi kepustakaan. Objek kajian penelitian ini adalah teknik restrukturisasi kognitif, bimbingan kelompok, dan disiplin belajar siswa. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Hasil pembahasannya sebagai berikut: alasan penggunaan teknik restrukturisasi kognitif dapat membantu siswa menjadi sadar akan pikiran-pikirannya, membantu siswa mengubah pola pikir yang keliru tentang disiplin belajar, agar siswa mampu berpikir secara logis dan positif sehingga terbentuk perilaku disiplin yang baik dalam belajar. Prosedur penerapan teknik restrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok dengan tahap-tahap bimbingan kelompok sebagai berikut: tahap pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran. Pada tahap kegiatan bimbingan kelompok konselor membantu siswa mengatasi masalah ketidak disiplinan belajar menggunakan teknik restrukturisasi kognitif dengan langkah-langkah sebagai berrikut: mengumpulkan informasi latar belakang klien, membantu klien menjadi sadar akan proses berpikirnya, periksa proses berpikir rasional klien untuk mengevaluasi keyakinan klien, membantu klien belajar mengubah keyakinan dan asumsi internalnya, ulangi proses berpikir rasional klien sekali lagi dan kombinasikan thought stopping dengan simulasi: Pekerjaan rumah dan relakasasi. Efektivitas teknik restrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan disiplin belajar siswa dibuktikan dengan hasil penelitian Hardianti dengan judul efektivitas konseling cognitive behavior therapy dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas VIII SMP Muhammadyah 3 Bandar Lampung. Bertolak dari hasil kajian di atas, maka penulis memberikan saran kepada: 1) Guru BK diharapkan agar lebih intensif dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif untuk peningkatan disiplin belajar siswa. 2) Penulis diharapkan agar lebih terampil dalam menerapkan teknik restrukturisasi kognitif melalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan disiplin belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 18 Jun 2022 00:57 |
Last Modified: | 18 Jun 2022 00:57 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6855 |
Actions (login required)
View Item |