Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dan Guru (Studi Kasus pada Pendidikan Anak Usia Dini Swasta Elpidia di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang)

SAUDALE, Marini Ningsih (2015) Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua dan Guru (Studi Kasus pada Pendidikan Anak Usia Dini Swasta Elpidia di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (100kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Komunikasi Interpesonal antara Orang tua dengan Guru” dengan studi kasus pada Paud Swasta Elpida di desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal antara orang tua dengan guru Paud Swasta Elpida di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang komunikasi interpersonal antara orang tua dengan guru pada Paud Swasta Elpida di desa Neolbaki. Jenis metode penelitian ini adalah Kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Peneliti memilih kasus tentang komunikasi interpersonal antara orang tua dengan guru pada Paud Swasta Elpida di Desa Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Konstruk dalam penelitian ini adalah waktu pertemuan frekuansi, intensitas, disiplin, taat dan respon dalam kelas. Semantara data yang dikumpulkan dengan cara wawancara secara langsung sesuai pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya serta melalui observasi. Berdasarkan pemaparan diatas peneliti menemukan bahwa komunikasi dalam pertemuan antara orang tua dengan guru. waktu yang dibutuhkan untuk berbicara tentang perkembangan anak didik kurang lebih 25 menit sampai 30 menit dan waktu tersebut cukup efektif dalam membahas perkembangan anak yang berdampak untuk meningkatkan perhatian terhadap perilaku anak dalam sikap, tingkah laku dan prestasi belajar anak didik. Sementara pada intensitas peneliti menemukan pertemuan terjadi antara orang tua dengan guru dilakukan pada saat penerimaan raport maupun pada saat mengantar anak ke sekolah, pertemuan yang diperlukan yaitu 1 bulan satu kali dalam membahas perkembangan anak saat menerima pelajaran di kelas. Sementara peneliti melihat dalam indikator materi pembelajaran yang dibagi dalam 3 hasil penelitian yaitu disiplin ditemukan kegiatan komunikasi belajar mengajar antara guru dan anak didik kurang efektif, hal tersebut terlihat masih banyak anak didik yang belum mengerti tentang bagaimana sikap disiplin serta orang tua juga belum sepenuhnya efektif dalam mengajarkan anak tentang disiplin saat berada di rumah. Selanjutnya pada indikator taat, ditemukan hasil komunikasi antara guru dan orang tua untuk mengajari sikap taat terhadap anak terlihat cukup efektif, sebagai contoh guru terus mengajarkan anak didik untuk bersikap taat kepada guru di sekolah. Sementara hasil penelitian pada indikator akhir yaitu respon dalam kelas, komunikasi yang terjalin cukup efektif sebagai contoh anak didik dapat mengikuti apa yang diperagakan oleh guru baik itu menyanyi maupun bermain menggunakan alat peraga, dan komunikasi interpesonal antara guru dan orang tua pun cukup efektif dalam penyampaian pesan agar orang tua dapat pula memperagakan kembali di rumah agar anak dapat meningat apa yang sudah diajarkan di sekolah. Dari penelitian ini, peneliti menarik kesimpulanfrekuensi komunikasi antara guru dan orang tua berkisar 25 menit hingga 30 menit. pertemuan biasanya dilakukanoleh pihak sekolah bersama orang tua pada saat penerimaan raport. kedispilanan pada anak didik masih rendah. Sementara respon tanggapan anak didik di kelas sangat efektif, hal ini terlihat dari proses penyerapan materi dari guru dapat diterima dengan baik oleh anak didik. Saran diharapkan intensitas pertemuan antara orang tua dan guru ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:36
Last Modified: 19 Sep 2022 02:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8995

Actions (login required)

View Item View Item