LAU, Melki Fredrik (2017) Pengaruh Tipe Kepribadian Dan Kemampuan Idenbtifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hidrolisis Garam Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Peserta Didik Kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (709kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (359kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (369kB) |
Abstract
Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan mengintegrasikan keterampilan sains yaitu mencari tau sendiri fakta-fakta dan pengetahuan yang dikaitkan pada materi pembelajaran dengan langka-langka yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstuksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. Masaalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana tipe kepribadian peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017? (4) Adakah hubungan tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017? (5) Adakah pengaruh tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 (2) Untuk mengetahui tipe kepribadian peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 (3) Untuk mengetahui kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapan pendekatan saintifik efektif pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang (2) Tipe kepribadian peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 84. (3) Kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 86,5 (4) Adanya hubungan antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok hidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,6885 dan nilai koefisien determinansi (D) = 47,40%, serta nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 8,92 ≥ 3,47 (5) Adanya pengaruh antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokokhidrolisis garam peserta didik kelas XI IPA SMAS Terakreditasi PGRI Kupang tahun ajaran 2016/2017, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 27,863 + 0,40(X1) + 0,24(X2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 9,032 ≥ 3,47.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tipe kepribadian, Kemampuan identifikasi variabel, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 01:34 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 01:34 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10022 |
Actions (login required)
View Item |