Memperkenalkan Seni Peran Kepada Siswa-Siswi SDK Don Bosco 4 Kupang Melalui Permainan Drama Berjudul Persahabatan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Menggunakan Metode Role Playing Dan Metode Drill

SKERA, Helena Ancilla (2016) Memperkenalkan Seni Peran Kepada Siswa-Siswi SDK Don Bosco 4 Kupang Melalui Permainan Drama Berjudul Persahabatan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Dengan Menggunakan Metode Role Playing Dan Metode Drill. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)

Abstract

Pembelajaran drama perlu diberikan disekolah dasar karena selain untuk menggali potensi siswa dalam seni peran, pembelajaran drama juga dapat memberikan penanaman nilai pada anak-anak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya untuk “memperkenalkan seni peran kepada siswa-siswi SDK Don Bosco 4 Kupang melalui permainan drama berjudul persahabatan dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan menggunakan metode role playing dan metode drill”. Anak-anak terlibat langsung dalam permainan drama kemudian mencari dan menemukan sendiri nilai-nilai yang ada dalam drama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam memperkenalkan seni peran kepada siswa-siswi SDK Don Bosco 4 Kupang melalui permainan drama berjudul persahabatan dengan menggunakan metode role playing dan metode drill, dapat dilakukan dengan melalui tahap-tahap sebagai berikut: perekrutan siswa minat drama, pembagian teks drama, penjelasan teks drama secara terperinci mulai dari judul drama, isi drama, dan tokoh-tokoh yang ada dalam drama, dilanjudkan dengan pembagian kelompok kemudian penentuan peran, kemudian lanjudan latihan drama secara bertahap mulai dari penghafalan teks drama, latihan ekspresi dan gerak dramatis. Setelah itu peneliti bersama siswa-siswi minat drama membahas nilai-nilai yang ada dalam drama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Drama, siswa-siswi, metode role playing metode drill, nilai-nilai.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:07
Last Modified: 16 Nov 2022 01:07
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10094

Actions (login required)

View Item View Item