Memperkenalkan Keterampilan Memainkan Musik Ndera (Suling Bambu) Dari Kabupaten Nagekeo Dengan Model Lagu Daerah ”Doi Ti’i Te” Melalui Metode Driil Pada Kelompok Minat Musik Etnik Semester I Mahasiswa Sendratasik Unwira Kupang

DIAZ, Paulus Juan (2016) Memperkenalkan Keterampilan Memainkan Musik Ndera (Suling Bambu) Dari Kabupaten Nagekeo Dengan Model Lagu Daerah ”Doi Ti’i Te” Melalui Metode Driil Pada Kelompok Minat Musik Etnik Semester I Mahasiswa Sendratasik Unwira Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (556kB)

Abstract

Musik tradisional “Ndera” yang dimaksud adalah bagaimana memadukan antara unsur kebudayaan mitos “Doi ti’i te” dan musik. Musik “Ndera” bertujuan untuk diperkenalkan kepada mahasiswa sendratasik semester I Unwira Kupang, dalam mengiringi lagu sesuai dengan mitos “Doi ti’i te. Hal yang melatarbelakangi pentingnya penulisan ini yaitu, pentingnya pembelajaran musik “Ndera” (etnik) dalam mengembangkan minat dan bakat bagi Mahasiswa Sendratasik semester I Unwira Kupang. Agar penelitian ini terarah dengan baik maka penulis membatasi pokok permasalahan yakni bagaimana memperkenalkan keterampilan memainkan alat music “Ndera”dari kabupaten nagekeo dengan model lagu daerah “Doi ti’i te” melalui Metode Drill pada kelompok minat musik etnik semester I Mahasiswa Sendratasik Unwira Kupang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya memperkenalkan keterampilan memainkan alat musik “Ndera” dengan model lagu daerah “Doi ti’i te” melalui Metode Drill pada kelompok minat musik etnik semester I Mahasiswa Sendratasik Unwira Kupang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan Metode tindakan lapangan. Hasil penelitian dalam memperkenalkan keterampilan memainkan musik “Ndera”, dari kabupaten nagekeo dengan model lagu daerah “Doi ti’i te”, pada kelompok minat musik etnik mahasiswa semester I Mahasiswa Sendratasik Unwira Kupang, melalui Metode Drill meliputi beberapa tahap; (1) Tahap awal, perekrutan kelompok minat musik etnik dari hasil observasi dan wawancara. (2) Tahap inti, peneliti mulai melatih kelompok minat musik etnik dalam mengiringi model lagu “Doi ti’i te” yang diawali dengan pemanasan jari, teknik dalammemainkan suling kecil, suling bass dan tambur, serta melatih menerapkannya sesuai dengan partitur lagu yang telah disiapkan. (3) Tahap akhir, kelompok minat musik etnik mementaskan musik “Ndera” dengan model lagu daerah “Doi ti’i te”. Penulis menyimpulkan bahwa penggunaan Metode Drill memperoleh hasil yang baik dalam rangka memperkenalkan keterampilan kelompok minat music etnik dalam memainkan music “Ndera” dari kabupaten nagekeo dengan model lagu daerah “Doi ti’i te.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Musik Ndera, Minat Musik Etnik, Model Lagu, Drill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:17
Last Modified: 16 Nov 2022 01:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item View Item