LAMI, Yuliana (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 4 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
This is the latest version of this item.
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (101kB) |
Abstract
Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMPN 4 Kupang masih rendah,hal ini karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar belum sepenuhnya melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep biologi adalah menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B pada materi sistem ekskresi manusia di SMPN 4 Kupang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada pretest sebesar 47,09 sedangkan postest sebesar77,09. Hasil uji anacova, menunjukan bahwa nilai probabilitas (sig) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan 0,000 < 0,05 sehingga H0 yang menyatakan tidak ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik ditolak sedangkan Ha yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekeskresi manusia di SMPN 4 Kupang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Materi Sistem Ekskresi Manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Pd Yuliana Lami |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 00:11 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 00:11 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10272 |
Available Versions of this Item
-
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 4 Kupang. (deposited 27 Sep 2022 00:47)
- Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Di SMP Negeri 4 Kupang. (deposited 24 Nov 2022 00:11) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |