Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Hukum Hooke Dan Gerak Harmonik Sederhana Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 1 Semester Ganjil SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014

KERAY, Emiliana Sebo (2013) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Hukum Hooke Dan Gerak Harmonik Sederhana Pada Peserta Didik Kelas XI IPA 1 Semester Ganjil SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (139kB)

Abstract

Model Pembelajaran Langsung merupakan salah satu model mengajar yang dapat membantu peserta didik mempelajari keterampilan dasar dalam memperoleh informasi yang diajarkan selangkah demi selangkah. Model Pembelajaran Langsung diciptakan khusus untuk mempermudah peserta didik mempelajari pengetahuan deklaratif dan prosedural yang direncanakan dengan baik. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam pembelajaran materi pokok Hukum Hooke dan Gerak Harmonik Sederhana pada peserta didik kelas XI IPA 1 semester ganjil SMA Negeri 7 Kupang? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar (IHB) peserta didik dalam pembelajaran materi pokok Hukum Hooke dan Gerak Harmonik Sederhana dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan Model Pembelajaran Langsung materi pokok Hukum Hooke dan Gerak Harmonik Sederhana pada peserta didik kelas XI IPA 1 semester ganjil SMA Negeri 7 Kupang Tahun ajaran 2013/2014. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung. 2) Mendeskripsikan Ketuntasan Indikator Hasil Belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung. 3) Mendeskrispsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapakan Model Pembelajaran Langsung. Jenis penelitian adalah deskriptif dan subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang Tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 27orang. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok massa jenis, tes hasil belajar (produk, afektif dan psikomotor) dan lembar isian respon peserta didik.Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Angket. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi perhitungan skor rata-rata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan Hasil analisis deskriptif, data penelitian bahwa secara umum penerapan model pembelajaran langsung adalah baik untuk materi pokok Hukum Hooke dan Gerak Harmonik Sederhana pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kupang yang berjumlah 27 peserta didik. 1) Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung yang mencakup: perencanaan perangkat pembelajaran, perencanaan evaluasi pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran adalah dengan kategori baik dengan skor rata-rata secara berturut-turut adalah 3,7, 3,5 dan 3,5. 2) Indikator hasil belajar (produk, afektif dan psikomotor)yang disiapkan sebagian besar tuntas karena proporsi ketuntasan berturut-turut 0,80, 0,78 dan 0,84 melebihi kriteria ketuntasan minimal 0,75. 3) Hasil belajar peserta didik (produk, afektif dan psikomotor) tuntas dengan proporsi rata-rata secara berturut-turut 0,81, 0,80 dan 0,84. 5) Respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang meliputi lima aspek yakni: kegiatan pendahuluan 80,4% dengan kategori sangat baik, kegiatan inti 84,99% dengan kategori sangat baik, kegiatan penutup 82,99% dengan kategori sangat baik, pengelolaan waktu 82,2 % dengan kategori sangat baik dan suasana kelas 85,93 % dengan kategori sangat baik. sehingga total skor rata-rata yang di peroleh dari kelima aspek adalah 83,29% dengan kategori sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:06
Last Modified: 01 Dec 2022 06:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10383

Actions (login required)

View Item View Item