Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Swasta Elpida Noelbaki Tahun Ajaran 2017/2018

SEUK, Maria Denaris (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Swasta Elpida Noelbaki Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Halaman Judul-Daftar Lampiran.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan pengajaran sebagai latihan bagi perannya dimasa yang akan datang. Pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia indonesia. SMP Swasta Elpida Noelbaki adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan KTSP. Namun masalah yang ditemukan siswa terkadang suka mementingkan diri sendiri, yang pintar akan tetap mempertahankan kepintarannya dan kurang berbagi dengan sesama temannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Apakah Ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Swasta Elpida Noelbaki Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen.Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest – Posttest Design. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah: Hasil belajar siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together yaitu terjadi peningkatan nilai pretest ke poesttest dari rata-rata nilai 36,88 menjadi 89,38. Begitu pula secara klasikal kelas tersebut semuanya tuntas dengan pencapaian ketuntasannya 100 % dan tuntasnya ketiga indikator yang ingin dicapai dengan proporsi rata-ratanya mencapai 0,90. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data penelitian menunjukkan bahwa secara umum Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Swasta Elpida Noelbaki Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Pengaruh, Pendekatan Numbered Heads Together, Hasil Belajar Siswa, Materi Fotosintesis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:53
Last Modified: 01 Dec 2022 06:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10395

Actions (login required)

View Item View Item