JETIA, Maria Filomena (2015) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Pendekatan Scientific pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (826kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (232kB) |
Abstract
Perhatian adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam hubungannya dengan keaktifan jiwa seseorang yang tertuju pada suatu obyek ataupun sekumpulan obyek yang datang dari lingkungannya. Gaya belajar merupakan sebuah pendekatan yang menjelaskan mengenai bagaimana individu belajar atau cara yang ditempuh oleh masing-masing orang untuk berkonsentrasi pada proses, dan menguasai informasi yang sulit dan baru melalui persepsi yang berbeda. Pendekatan scientific adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mencoba, menganalisis, mengkomunikasikan dan menilai. Masalah utama adalah (1)Bagaimana efektifitas pembelajaran pendekatan scientific dalam pengelola pembelajaran, ketuntasan indikator dan ketuntasan hasil belajar?,(2)Bagaimana perhatian orang tua siswa?,(3)Bagaimana gaya belajar siswa?,(4)Adakah hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 IPA SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015?, (5)Adakah pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 IPA SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan scientific dalam pengelolaan pembelajaran, ketuntasan indikator dan ketuntasan hasil belajar, (2) Untuk mengetahui perhatian orang tua siswa, (3)Untuk mengetahui gaya belajar siswa, (4)Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 IPA SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015, (5)Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan scientific pada materi pokok sistem koloid siswa kelas X1 IPA SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif asosiatif. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) a. kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor sebesar 3,63. b.Indikator instrument hasil belajar obsevasi sikap spiritual (KI-1) sebesar 0,90 dan instrument angket sikap spiritual sebesar 0,85. Indikator instrument hasil belajar observasi sikap sosial (KI-2) sebesar 0,82 dan instrument angket sebesar 0,81. Sedangkan indikator instrument hasil belajar (KI-3) yang meliputi ketuntasan indikator soal kuis sebesar 0,86, indikator tugas rumah 0,91 dan ikdikator soal Essay sebesar 0,84. Ketuntasan indikator keterampilan (KI-4) yang meliputi indikator unjuk kerja sebesar 0,86 dan indikator portofolio sebesar 0,88 dan presentasi sebesar 0,83.c.Ketuntasan hasil belajar meliputi: ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 90,93%,Ketuntasan hasil belajar KI-2 sebesar 81,53%, Ketuntasan hasil belajar KI-3 sebesar 86,40%, Ketuntaasan hasil belajar KI-4 sebesar 85,85% dan rata- rata ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 86,28% (2) Perhatian orang tua siswa kelas XI IPA berada pada interpretasi sangat perhatian dengan presentasi sebesar 81%, (3)Gaya belajar siswa kelas XI IPA berada pada interpretasi baik dengan presentasi sebesar 78%. (4)Ada hubungan antara perhatian orang tua siswa terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi product moment yang diperoleh sebesar 0,45 yang termasuk dalam kategori tinggi. (5)Ada hubungan antara gaya belajar terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi product moment yang diperoleh sebesar 0,457 yang termasuk dalam kategori tinggi,(5)Ada hubungan antara perhatian orang tua dan gaya belajar terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi ganda yang diperoleh sebesar 0,52 yang termasuk dalam kategori xvi tinggi. ( 6 ) Ada pengaruh antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Ŷ = 62,81 + 0,29 X1 (7) Ada pengaruh antara gaya belajar Siswa terhadap hasil belajar dengan persamaan Ŷ = 59,87 + 0,339 X2 (8)Ada pengaruh antara perhatian orang tua dan gaya belajar dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 53,36 + 0,195X1 + 0,22 X2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 05:03 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 05:03 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/10668 |
Actions (login required)
View Item |